JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Ciri-ciri Uang Pecahan Baru Rp 75.000 yang Dirilis BI

Uang peringatan khusus pecahan Rp75.000 edisi HUT ke-75 RI. Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang kertas baru Rp 75.000, Senin (17/8/2020).

Ada beberapa ciri utama uang kertas tersebut. Salah satunya adalah gambar utama Pahlawan Nasional Soekarno – Mohammad Hatta dan gambar bunga anggrek bulan yang di dalamnya berisi logo BI.

Logo BI tersebut akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda dan hasil cetak akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan.

Baca Juga :  Polri Tangkap 29 Karyawan Pinjol Ilegal dari PT Indo Tekno Nusantara. Direktur dan 2 Penagih Jadi Tersangka

“Tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi muka uang,” kata BI dalam keterangan tertulisnya.

Advertisement

Selain itu, tanda air berupa gambar Soekarno – Hatta serta electrotype berupa angka ’75’ yang dapat diterawang. Ada juga gambar saling isi (rectoverso) dari logo BI dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Baca Juga :  2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Pulih dari Pandemi Indonesia Tumbuh Lagi Menuju Indonesia Maju 

Hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet akan memperlihatkan gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua