JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Ciri-ciri Uang Pecahan Baru Rp 75.000 yang Dirilis BI

Uang peringatan khusus pecahan Rp75.000 edisi HUT ke-75 RI. Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memperingati HUT Kemerdekaan ke-75 RI, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang kertas baru Rp 75.000, Senin (17/8/2020).

Ada beberapa ciri utama uang kertas tersebut. Salah satunya adalah gambar utama Pahlawan Nasional Soekarno – Mohammad Hatta dan gambar bunga anggrek bulan yang di dalamnya berisi logo BI.

Logo BI tersebut akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda dan hasil cetak akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan.

“Tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi muka uang,” kata BI dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga :  Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber: Pelaku Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Selain itu, tanda air berupa gambar Soekarno – Hatta serta electrotype berupa angka ’75’ yang dapat diterawang. Ada juga gambar saling isi (rectoverso) dari logo BI dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet akan memperlihatkan gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945.

Ada pula gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan dan jembatan Youtefa Papua.

Sementara pada bagian belakang uang tersebut, dapat dijumpai gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah. Selain itu ada nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka; hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian anak Indonesia.

Baca Juga :  Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

Setelah itu, terdapat peta Indonesia dalam bola dunia, dan tulisan: “DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH.”

Penerbitan uang baru pecahan Rp 75.000 itu sedikitnya mengandung tiga makna penting bagi hari kemerdekaan Indonesia yang kini berusia 75 tahun.

Tiga filosofis itu, yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

www.tempo.co