JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kabar Gembira, 9.000 PNS Karanganyar Segera Terima Gaji 13. Total Rp 43 Miliar, Catat Waktu Pencairannya!

Bagus Selo (kiri) dan Kurniadi Maulato (kanan). Foto kolase/Wardoyo
Bagus Selo (kiri) dan Kurniadi Maulato (kanan). Foto kolase/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar gembira untuk sekitar 9.000 PNS Kabupaten Karanganyar. Pasalnya mereka bakal segera menikmati pencairan gaji ke 13 sebelum 31 Agustus tahun ini.

Saat ini, Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar tengah memproses draft rancangan Peraturan Bupati Perbup sebagai payung hukum pencairan gaji ke 13 tersebut.

Kepala BKD Karanganyar, Kurniadi Maulato mengatakan pihaknya terus kebut proses teknis agar pencairan gaji ke 13 bisa lebih cepat cair sebelum akhir Agustus ini.

“Sebenarnya harapan kami minggu depan bisa cair tapi terpaksa mundur karena Peraturan Menteri Keungan PMK tentang itu baru saya terima Jumat lalu, dan Senin langsung saya kebut dengan membuat draft rancangan Perbup,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Selasa ( 11/08/2020).

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Pabrik Plastik di Sroyo Jaten Karanganyar. Karyawan dan Warga Panik Berhamburan, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Saat ini draft rancangan Perbub sudah sampai di Bagian hukum pemkab guna diharmonisasikan dengan aturan-aturan hukum lainnya. Selanjutnya jika Perbup sudah jadi maka landasan hukum sudah kuat dan tinggal dilakukan pencairan.

Sambil menunggu finalisasi Perbup, menurutnya sekaligus sudah dilakukan penyusunan surat permintaan pembayaran dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah OPD terkait kebutuhan gaji tiap-tiap OPD.

Setelah itu, BKD lakukan verfikasi terhadap surat permohonan rincian jumlah pembayaran gaji ke 13 dari masing-masing OPD.

“Jika tahap ini sudah clear maka pencairan langsung bisa dilakukan kepada tiap OPD,” serunya.

Kurniadi yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar menjelaskan jumlah anggaran gaji ke 13 untuk sekitar 9.000 PNS di Karanganyar mencapai sebesar Rp 43 miliar.

Baca Juga :  Pangdam dan Kapolda Jateng Kompak Ziarah ke Makam Soeharto di Giribangun Karanganyar. Pangdam Sebut Soeharto Orang Yang Berjasa pada RI dan TNI!

Adapun teknis pencairan kemungkinan memakai sistem non tunai alias transfer pada masing-masing PNS melalui OPD masing-masing.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo mengaku mendorong percepatan proses yang dilakukan BKD sebagai leading sektor pencairan gaji ke 13 agar segera bisa cair.

“Kami apresiasi kinerja BKD dan OPD terkait dalam percepatan penggarapan gaji ke 13 sehingga Karanganyar bisa cair bersama kabupaten lainnya,” tandasnya.

Bagus Selo berharap jika gaji ke 13 sudah cair bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Mengingat saat ini secara global resesi ekonomi sedang mengancam sehingga harus lakukan manajemen keuangan yang prioritas. Beni Indra