JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Pembangunan Area Concourse dan Plaza di komplek Candi Borobudur Jadi Prioritas

Candi Borobudur. Pixabay

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Di Komplek area wisata Candi Borobudur segera dibangun fasilitas pendukung baru. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian PUPR akan membangun area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur.

Fasilitas tersebut untuk mengurangi beban batuan Candi Borobudur. Sebagai destinasi wisata superprioritas, kawasan Candi Borobudur harus diimbangi dengan penyelamatan bangunan cagar budaya.

Pembangunan ini menjadi program prioritas Satuan Kerja Pelaksanaan, Prasarana, Permukiman Wilayah Satu BBPW Jawa Tengah

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, membeberkan, secara teknis jalur concourse dan plaza tersebut bertujuan agar beban candi dapat terbagi, karena keramaian akan terpecah.

Baca Juga :  Pasien Terinfekasi Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 17 Orang

“Agar wisatawan tidak semuanya naik ke atas Candi Borobudur, karena semakin lama batu candi akan berubah posisi akibat beban pengunjung, dan dikhawatirkan akan rusak,” terang dia.

“Dengan adanya jalur concourse dan plaza, pengunjung cukup berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur langsung di jalur tersebut. Jadi harapannya pengunjung tidak perlu naik ke atas candi,” imbuh Singgih, kemarin.

Singgih juga menerangkan, pembangunan jalur concourse dan plaza tersebut terkait dengan program pemerintah, yaitu menjadikan kawasan Borobudur sebagai destinasi wisata superprioritas.

Baca Juga :  Gadis Belia Berusia 15 Tahun Dijambret Dua Penjahat Muda

“Hal itu tentunya akan dapat mengundang lebih banyak wisatawan ke kawasan Borobudur. Termasuk ke Candi Borobudur. Oleh karenanya perlu langkah antisipasi agar kondisi Candi Borobudur tetap baik-baik saja,” ungkap Singgih.

Adapun untuk pelaksanaan pembangunan area concourse dan plaza di komplek Candi Borobudur, akan dilaksanakan pada Oktober 2020.

“Dijadwalkan awal Oktober, satu paket kontrak dengan pembangunan tiga gerbang dan akses Budaya Mendut, Pawon, Borobudur. Pelaksanaan pembangunannya juga bareng atau pararel,” papar Singgih. Satria Utama