JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siap-siap Deg-degan, Hari Ini 18 Tenaga Medis dan Karyawan RSUD Sragen Yang Positif Covid-19 Klaster Bangsal Rosella Bakal Jalani Swab Perdana. Bagaimana Hasilnya?

Ilustrasi papan penunjuk Bangsal Teratai di RSUD Sragen. Foto/Wardoyo
Ilustrasi papan penunjuk Bangsal Teratai di RSUD Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Manajemen RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen bakal menggelar swab test pertama untuk 18 tenaga kesehatan dan karyawan yang positif covid-19 dari klaster Bangsal Rosella.

Mereka yang terkonfirmasi sejak Senin (17/8/2020) lalu akan menjalani swab pertama setelah 10 hari menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Bangsal Teratai RSUD.

“Besok mereka yang 18 nakes akan diswab pertama karena sudah 10 hari perawatan,” papar Dirur RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen, Didik Haryanto melalui Wadir, Joko Haryono, Minggu (23/8/2020).

Joko menjelaskan sesuai prosedur pasien positif akan diswab setelah 10 hari perawatan. Hal itu akan dilakukan kepada 18 nakes yang saat ini sudah melewati 10 hari isolasi di Bangsal Teratai.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Ada Penambahan Kasus Baru Semuanya Dari Pelaku Perjalanan Zona Merah

Ia berharap hasil swab perdana 18 nakes itu bisa negatif. Sehingga mereka tak harus berlama-lama lagi dan bisa segera pulih kembali.

“Mudah-mudahan hasilnya nanti bisa negatif semua,” harapnya.

Seperti diberitakan, sebanyak 20 petugas RSUD Sragen dinyatakan positif terpapae covid-19 setelah ada satu pasien covid-19 meninggal di Bangsal Rosella pekan lalu.

Dari 20 itu terdiri dari 14 tenaga kesehatan, sisanya adalah cleaning service, admin, sekuriti dan petugas pendorong pasien.

Ia memastikan kondisi para nakes dan petugas yang positif itu dalam kondisi baik. Mereka semuanya dikarantina di Bangsal Teratai yang sudah disiapkan untuk karantina khusus nakes dan petugas RSUD.

Baca Juga :  Update COVID-19 Sukoharjo, Pasien Meninggal Kini Mencapai 24 Orang, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Meroket Lagi di Angka 566

“Kondisi mereka secara keseluruhan Alhamdulillah baik. Tadi malam kami bincang-bincang langsung dengan mereka, kami tanya apakah ada keluhan klinis, mereka nggak ada masalah,” papar Dirut Didik Haryanto.

Sementara, Wadir Joko Haryono mengatakan setelah 20 nakes dan petugas positif, kemudian dilakukan tracking lanjutan pada Rabu (19/8/2020). Hasilnya ada 37 orang yang kemudian terlacak kontak erat dan dilakukan swab.

Tigapuluh tujuh orang itu terdiri dari 17 nakes dan petugas serta 20 lainnya adalah pasien di bangsal dan ICCU. Wardoyo