JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Duh, Ada 2 Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020 di Jawa Timur Positif Terpapar Covid-19

Ilustrasi virus corona. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dua orang calon kepala daerah dalam pemilihan kepala daerah di Provinsi Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya adalah calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Sidoaro dan Kota Surabaya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo membenarkan hal itu. Namun mereka enggan menyebutkan nama-nama calon kepala daerah yang dimaksud.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M Iskak mengatakan, calon kepala daerah yang positif itu diketahui sesaat setelah mereka memeriksa berkas pendaftaran calon.

“Waktu itu beliau berangkat dulu, tapi berkasnya menyusul. Kami tahu ketika berkas diverifikasi teman-teman,” kata dia saat dihubungi Tempo, Rabu (9/9/2020).

Mengetahui positif Covid-19, melalui partai pengusung, KPU kemudian meminta yang bersangkutan pulang. Hari itu juga pihaknya berkoordinasi dengan gugus tugas.

Baca Juga :  Terkonfirmasi Positif Covid-19, Menag Fachrul Razi Akan Jalani Tes Swab Lanjutan

“Hari ini kami akan bahas dengan gugus tugas. Pasti kami akan laksanakan tes swab kepada siapa saja yang sempat kontak erat. Waktunya kami akan sesuaikan,” ujarnya.

Menurut Iskak, hasil uji usab (swab test) pada 7 September yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo juga menunjukkan bahwa yang bersangkutan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kemarin di-swab lagi sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan hasilnya dinyatakan positif,” ujar Iskak.

Dia menyebut tidak semua anggota KPU Sidoarjo kontak erat dengan calon kepala daerah tersebut. Dia mengaku justru dirinya yang berkontak langsung dengan yang bersangkutan.

“Kalau teman-teman tidak kontak secara langsung. Justru saya sendiri yang kontak langsung karena saya yang menerima berkas pendaftaran,” ujarnya.

Sebelumnya tiga pasangan calon kepala daerah telah mendaftar di Pilkada Sidoarjo pada 4-6 September lalu.

Baca Juga :  Putra Sulung dan Menantu Presiden Jokowi Maju Pilkada Serentak 2020, Ini Perbandingan Harta Kekayaan Gibran dan Bobby, Tajir Siapa?

Mereka adalah Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Kelana Aprilianto-Dwi Astuti, dan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi. Informasi yang dihimpun Tempo, calon yang positif Covid-19 berposisi sebagai calon wakil bupati.

Anggota KPU Surabaya, Soeprayitno, mengatakan mereka baru mengetahui ada salah satu calon kepala daerah positif Covid-19 setelah KPU menerima surat hasil swab dari RSUD dr. Soetomo.

“Jika menilik surat itu, salah satu bakal pasangan calon didapati positif Covid-19. Saya tidak menyebut nama,” kata dia.

KPU Surabaya telah menerima pendaftaran dua pasangan calon kepala daerah. Mereka adalah Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman.

Eri-Armuji sebelumnya telah mengumumkan hasil swab yang menunjukkan mereka negatif Covid-19, sementara Machfud-Mujiaman tidak pernah mengumumkannya.

www.tempo.co