JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Cara Mudah Cerahkan Gigi Secara Alami di Rumah

Ilustrasi gigi sehat. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM –- Salah satu alat pencernaan penting untuk manusia adalah gigi. Gigi berperan untuk merobek dan mengunyah makanan. Karenanya memiliki gigi yang sehat, putih dan bersih menjadi hal yang penting.

Salah satu dari banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menghindari plak. Plak adalah zat mirip lapisan kuning yang melapisi gigi dan membuatnya tampak kuning.

Plak bisa berbahaya bagi kebersihan mulut secara keseluruhan. Berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan plak dan mencerahkan gigi di rumah seperti dilansir dari Times Now News, Minggu (13/9/2020)

Gunakan sedotan untuk teh dan kopi
Teh dan kopi merupakan salah satu minuman terpenting yang biasa kita konsumsi. Namun, terlalu sering minum teh atau kopi dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning bahkan cokelat-kehitaman. Dengan menggunakan sedotan, Anda telah meminimalkan kontak cairan dengan gigi. Usahakan hindari penggunaan sedotan plastik agar lebih ramah lingkungan.

Baca Juga :  Merasakan Efek Samping Setelah Minum Obat, Berhenti atau Lanjut?

Oil pulling
Oil pulling adalah salah satu teknik ayurveda dengan berkumur selama 15 hingga 20 menit menggunakan minyak nabati tertentu, umumnya adalah dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oil pulling dilakukan di pagi hari sebelum sarapan. Dapat dilanjutkan dengan berkumur larutan air garam, kemudian menyikat gigi.

Soda kue
Soda kue adalah salah satu bahan rumahan yang cukup efektif memutihkan gigi. Soda kue memiliki sifat pemutih dan dapat membantu mengurangi munculnya plak dan warna kuning kecokelatan pada gigi Anda. Caranya, simpan secukupnya soda kue pada sikat gigi Anda kemudian gosokkan pada gigi.

Baca Juga :  Efek Menahan Pipis, Difungsional Berkemih, Infeksi Hingga Ginjal Rusak

Perbaiki metode diet
Diet menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan Anda. Rambut, kulit hingga gigi dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda memiliki gigi dan gusi yang rapuh, serta banyak plak, cobalah perbaiki pola makan. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan mulut secara menyeluruh dan juga mencerahkan gigi. Mengurangi asupan gula juga dapat membantu mengurangi masalah mulut.

Sikat dan bersihkan gigi secara teratur
Jika Anda selalu menjaga kebersihan mulut secara teratur, kemungkinan besar gigi Anda akan sehat dan tidak memiliki plak. Jadi gosoklah gigi minimal dua kali sehari untuk memastikan mulut Anda bersih dari kotoran dan kuman.

www.republika.co.id