JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Air Penghidupan Itu ada di Kaki Gunung Ungaran

Air Gunung Ungaran / najmi yafi - joglosemarnews
madu borneo
madu borneo
madu borneo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Terik matahari terasa menyengat kepala siang itu. Truk-truk tangki air hilir mudik keluar masuk kawasan mata air Gunung Ungaran di Desa Keji, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Setidaknya, setiap hari ada 30 hingga 40 truk berkapasitas 6.000 – 7.000 liter yang datang dan pergi untuk mengangkut air.

Air pegunungan Ungaran tersebut kemudian didistribusikan ke berbagai wilayah, termasuk keluar dari Kabupaten Semarang, seperti Salatiga, Ambarawa, Kudus, Pati, Demak dan Purwodadi.

“Kira-kira lebih dari satu tahun perusahaan ini berjuang, baru bisa mendapatkan izin dari pemerintah. Dan akhirnya tahun 2008 kami mulai beroperasi,” tutur Handoyo pekerja di PT Karunia Abadi, perusahaan penyedia air tersebut saat ditemui Joglosemarnews.

Baca Juga :  Aksi Pelukis Sketsa dari Komunitas Semarang Sketchwalk Bikin Terpana Gubernur Ganjar

Handoyo mengisahkan, pada awalnya, sebelum dibangun perusahaan air minum seperti sekarang ini, tahun 1995 silam tempat tersebut adalah kolam pemancingan.

Namun karena dulu sumber mata airnya sempat kering, maka sang pemilik pun sempat menutup tempat tersebut. Baru pada tahun 2007, mulailah dirintis usaha air minum.

“Dan akhirnya tahun 2008 perusahaan ini mendapat izin dari pemerintah. Sejak itu mulailah kami beroperasi,” bebernya.

Handoyo menceritakan, sebelum masuk ke tangki-tangki truk, air dari Gunung Ungaran ini melewati tiga kali proses penyaringan yang nantinya akan dikonsumsi.

Baca Juga :  Libur Panjang Akhir Bulan, Warga Diminta Tak Berbondong Mudik

Ia menjelaskan, harga air per tangki sangat terjangkau di kantong masyarakat.

“Harganya cuma Rp 25.000 saja per tangki, Mas. Rata-rata tempat lain juga segitu harganya” pungkas Pak Handoyo saat ditemui Joglosemar news.

Selain melayani pengisian air tangki, perusahaan ini juga memproduksi air galon. Perusahaan ini setiap setahun sekali juga membersihkan sumber mata air ini untuk menjaga kualitas air.

Selain itu juga perusahaan ini menjaga kelestarian alam sekitar untuk menjaga sumber mata air agar tetap bersih. najmi yafi