JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini 5 Cara Merawat Kulit Wajah Selama Pakai Masker

Ilustrasi seorang wanita memakai masker. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penggunaan masker saat pandemi Covid-19 menjadi hal yang wajib agar tidak tertular penyakit yang belum ada obatnya hingga kini. Akan tetapi, penggunaan masker yang tidak tepat dapat memicu timbulnya masalah pada kulit.

Penggunaan masker, khususnya di tengah cuaca panas, dapat membuat area di sekitar mulut dan hidung menjadi lebih lembap. Akibatnya, masalah seperti jerawat dan kulit kemerahan bisa terjadi setelah penggunaan masker.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Orang-orang yang memiliki kulit kering atau jarang berjerawat mungkin tidak akan begitu terpengaruh dengan dampak penggunaan masker ini. Perawatan kulit yang biasa sudah cukup untuk menjaga kondisi kulit mereka.

Akan tetapi, penggunaan masker dapat memicu masalah bagi orang-orang yang rentan terhadap jerawat. Hal yang sama juga berlaku pada orang-orang dengan kulit sensitif.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

“Karena panas dan kelembapannya,” ujar ahli estetika Rafaelle Longpre, seperti dilansir Huffington Post.

Kabar baiknya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah kulit akibat penggunaan masker. Berikut ini adalah kiat-kiatnya.

Ganti masker secara rutin
Masker perlu diganti setiap empat jam sekali. Salah satu alasannya, masker yang sudah cukup lama digunakan mungkin sudah terkena cukup banyak keringat.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com