JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Cerita Odading Mang Oleh Viral di Media Sosial: Berawal dari Video, Antrean Panjang Pembeli, hingga Ade Londok Dapat Ponsel dari Ridwan Kamil

Tangkapan layar video viral Odading Mang Oleh yang dipopulerkan oleh Ade Londok. Foto: Instagram/ mangoleh_odading

JOGLOSEMARNEWS.COM Beberapa hari terakhir di media sosial sedang viral sebuah video yang menampilkan seorang pria mempromosikan penganan odading. Pria tersebut adalah Ade Londok. Ia membuat video mempromosikan jajanan Odading Mang Oleh.

Odading Mang Oleh yang aslinya bernama “Odading Nusa Sari Pak Sholeh” itu berlokasi di kawasan Baranangsiang, Kosambi, Kota Bandung. Jajanan itu beberapa hari terakhir laris diburu pembeli, setelah videonya viral.

Odading sendiri adalah penganan sejenis roti goreng berbahan tepung terigu berprotein tinggi yang ditambahkan ragi, telur dan susu. Adonan itu diuleni kemudian dipotong-potong dan digoreng. Di Jawa Tengah, penganan serupa dikenal dengan nama bolang baling.

Lantas bagaimana awal Odading Mang Oleh mendadak viral? Sudah tentu tak lepas dari kekuatan media sosial. Namun yang tak kalah berperan penting adalah video yang dibuat oleh Ade Londok.

Video Viral, Antrean Pembeli Mengular

Sosoknya menjadi dikenal setelah videonya memakan dan mempromosikan odading dengan cara yang unik. Dalam video tersebut, Ade Londok tampak menikmati sepotong odading dan memberikan komentar lucu tentang rasanya.

“Odading Mang Oleh. Hmmm.. rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh di dieu. Ikan hiu makan tomat… Odading Mang Oleh, rasanya anjing banget,” ucap Ade Londok dalam video, dengan sesekali mengucapkan kalimat dalam bahasa Sunda.

Penampakan antrean pembeli odading yang viral di media sosial. Foto: Instagram

Beberapa komentar Ade Londok itulah yang kemudian dianggap netizen lucu hingga kemudian videonya menjadi viral. Dampaknya, lapak Odading Nusa Sari Pak Sholeh pun menjadi dicari pembeli.

Beberapa hari usai video Odading Mang Oleh viral, antrean pembeli tampak mengular di lapak Pak Sholeh. Petugas polisi pun dikerahkan untuk mengatur antrean pembeli agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Duta Kuliner dan Hadiah Ponsel

Terakhir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga telah mengunjungi lapak dagangan Odading Mang Oleh, pada Rabu (16/9/2020) kemarin.

Menurut gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, aksi Ade Londok telah berhasil mengangkat nama Odading Nusa Sari Pak Sholeh hingga penjualannya meningkat drastis.

Berkat videonya yang viral, Emil pun mengaku akan menggandeng Ade Londok untuk menjadi duta promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner di Jabar. “Kang Ade akan saya tugaskan mempromosikan UMKM kuliner di Jabar,” ujarnya saat bertemu Ade Londok.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan hadiah kepada Ade Londok saat mengunjungi Odading Mang Oleh di kawasan Baranangsiang, Kosambi, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020). Foto: Humas Jabar

Adapun untuk mendukung upaya Ade Londok dalam mempromosikan UMKM kuliner Jabar melalui media sosial, Emil memberikan hadiah gawai baru kepada Ade Londok. “Kemarin ada aspirasi, katanya HP-nya suka error, akhirnya sekarang saya kasih hadiah HP baru,” kata Emil dikutip Liputan6.com.

Sambil mendekap hadiah pemberian gubernur, Ade Londok pun mengucapkan terima kasih. “Hatur nuhun yang terhormat Bapak Ridwan Kamil. Sing sehat, aya dina keberkahan (yang sehat, semoga selalu ada dalam keberkahan),” ucap Ade Londok.

Namun, kendati mengakui jika cara promosi unik yang dilakukan Ade Londok berhasil mencuri perhatian warga hingga lapak Odading Mang Oleh diserbu pembeli, Emil berpesan kepada Ade Londok agar di video berikutnya bisa lebih berhati-hati dalam pemilihan kata saat mempromosikan sebuah produk.

“Beliau bisa membuat satu produk menjadi terkenal salah satunya dengan kemampuan bahasa, tapi saya titip ke depan bahasanya harus lebih sopan, ya,” pesan Emil.

Baca Juga :  Parah, Sepasang ABG Tertangkap Mesum dan Bercumbu Sengak Sengok di Alun-alun Sragen. Dilakukan di Siang Bolong, Netizen Geregetan Sebut Urat Malu Sudah Putus