JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Butuh Anggaran Rp400 Miliar untuk Renovasi Stadion. Termasuk Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan yang akan dijadikan ajang Piala U-20. Foto: JSNews/Prabowo
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, pemerintah tetap mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar pada Mei 2021. Presiden Joko Widodo juga telah menandatangani Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2020 tentang dukungan terhadap penyelenggaraan ajang sepakbola tersebut.

Salah satu persiapan yang dilakukan demi mensukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tersebut adalah dengan merenovasi stadion dan lapangan yang akan digunakan untuk pertandingan dan juga latihan tim negara peserta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, proyek renovasi stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 membutuhkan anggaran sekitar Rp400 miliar.

“Total kebutuhan sekarang sekitar Rp400 miliar, untuk merenovasi stadion dan lapangan agar sesuai dengan regulasi FIFA,” kata Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Menurut Iwan, dana tersebut termasuk dalam kontrak tahun jamak (MYC), jadi pengalokasiannya dilakukan pada tahun 2020 dan 2021. Untuk 2020, anggaran yang turun sekitar Rp57 miliar dan sisanya turun pada 2021.

Baca Juga :  Pemainnya Kena Covid-19, Bosnia Herzegovina Batal Jadi Lawan Uji Coba Timnas U-19, PSSI Cari Lawan Pengganti

“Kami menargetkan renovasi semua stadion dan lapangan latihan selesai pada Maret 2021 karena Piala Dunia U-20 mulai Mei 2021,” kata Iwan menambahkan.

Berdasarkan Inpres Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup tahun 2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 September, Menteri PUPR memiliki enam tugas, salah satunya adalah mengalokasikan anggaran dan merenovasi stadion tempat pertandingan dan latihan Piala Dunia U-20.

Stadion tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021 yang renovasinya menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR adalah Stadion Manahan di Solo dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Sementara untuk stadion maupun lapangan latihan yang ditangani Kementerian PUPR dibagi dalam lima klaster, yaitu klaster Palembang yang terdiri dari Stadion Atletik Jakabaring 1, Lapangan Panahan Jakabaring, dan Lapangan Baseball Jakabaring.

Baca Juga :  Tak Dapat Lawan Uji Coba, Hari Ini Timnas U-19 Hanya Gelar Pertandingan Internal

Kemudian klaster Bandung, meliputi Stadion Sidolig, Lapangan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor, dan Lapangan Jati Padjadjaran.

Selanjutnya, klaster Surakarta yang mencakup Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sriwaru.

Kemudian, di klaster Bali ada Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Gelora Trisakti, Stadion Kompyang Sujana, dan Stadion Gelora Samudra. Terakhir ada klaster Surabaya yaitu Stadion Gelora Bangkalan.

Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei 2021 hingga 12 Juni 2021 di enam stadion, yakni Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

www.tempo.co