JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Juara Lomba Menulis Ditantang Walikota Solo, Disediakan Hadiah Laptop

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo tekun menyimak surat yang dibacakan oleh peserta lomba / joglosemarnews

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penyerahan hadiah lomba menulis surat Cinta untuk Walikota Solo dan lomba vlog di aula kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Surakarta, Senin (14/9/2020) diwarnai spontanitas Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang sempat membuat hadirin terkesima.

Khusus juara I, II dan III lomba menulis kategori SMP, ditantang untuk menulis surat cinta saat itu juga. Tak tanggung-tanggung, Rudy, sapaan akrab FX Hadi Rudyatmo menyediakan hadiah masing-masing sebuah laptop.

“Kalian yang SMP ini kan sebentar lagi SMA. Karya kalian tadi bagus. Saya ingin kalian menulis surat lagi, nanti habis sambutan ini. Saya sediakan hadiah laptop untuk kalian,” ujar Rudy dalam sambutan, disambut tepuk tangan dan keheranan sebagian peserta.

Bukan basa-basi, bahkan sampai acara berakhir, di ruangan lain Rudy masih setia menunggu ketiga siswa tersebut menyelesaikan tulisannya.

Tantangan itu disambut antusias oleh Juara I lomba menulis surat kategori SMP, Nabila Salma Choirunisa, Juara II Charyn Florenzia Hartono maupun Juara III, Radin Arundati SP.

Setelah menerima kertas dan balpoint dari panitia, mereka tenggelam dalam aktivitasnya, dan tak terpengaruh oleh hiruk pikuk yang ada di sekitarnya.

Selain mengaku cinta kepada anak-anak, FX Hadi Rudyatmo sendiri terlihat sangat antusias menghadiri acara tersebut. Rudy mengaku mengancel beberapa acara lain, dan lebih mementingkan datang dalam acara penyerahan hadiah lomba menulis tersebut.

“Saya merasa harus menjawab surat dari adik-adik ini, makanya saya merasa harus datang,” ujar Rudy.

Baca Juga :  Wali Kota Rudy Nilai Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Efektif, Sanksi Bersihkan Sungai Dilanjutkan

Bahkan, saat juara I, II dan III untuk kategori SD dan SMP satu per satu membacakan suratnya di atas panggung, Rudy dengan tekun menyimaknya sembari menikmati cemilan.

Dalam sambutannya, Rudy menceritakan pandemi Covid-19 merupakan cobaan berat. Demi menjaga kesehatan generasi penerus bangsa, demikian Rudy, tanggal 13 Maret 2020 dia menggelar rapat mendadak dan langsung mengeluarkan surat edaran untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka.

“Setelah keputusan itu, saya banyak dibully dan dihujat. Tapi tak apa. Itu bagian dari perjuangan sebagai pimpinan dan pelayan rakyat. Saya hanya ingin, di Solo ini jangan sampai terjadi klaster sekolahan. Dan untungnya, sampai sekarang itu tidak terjadi,” ujarnya.

Kepala Dinas Arpusda Surakarta, Dra Sis Ismiyati, MM mengatakan, penyerahan hadiah lomba tersebut sengaja dijatuhkan bersamaan dengan hari kunjung perpustakaan, yakni tanggal 14 September.

“Sekaligus nanti kepada Bapak Walikota kita perkenalkan dengan film enam dimensi usai acara ini,” ujar Sis Ismiyati di sela-sela sambutannya.

Sis Ismiyati dalam laporannya mengatakan, lomba menulis surat dan vlog tersebut bertujuan untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas serta membangun budaya minat baca tulis, sekaligus menjadi ajang pencarian bakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Apalagi selama pandemi, anak-anak banyak di rumah, lomba ini bisa menjadi pengisi waktu yang sangat positif,” ujarnya.

Sis Ismiyati mengaku senang karena dalam lomba menulis surat cinta untuk walikota tersebut diikuti oleh 205 siswa SD dan 173 siswa SMP. Melihat antusiasme tersebut, ia berharap para siswa terus menumbuhkembangan budaya baca tulis tersebut di mana pun berada.

Baca Juga :  Pemkot Solo Cicil Perbaikan Lapangan Pendukung Piala Dunia U-20

“Termasuk di rumah selama masa pandemi ini,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Juara I hingga III lomba menulis surat untuk kategori SMP adalah Nabila Salma Choirunisa (SMP Negeri 1 Surakarta), Charyn Florenzia Hartono (SMP Widya Wacana I) dan Radin Arundati SP (SMP Negeri 3 Surakarta).

Sementara Harapan I hingga III diraih oleh Anisa Ramadani (SMP Negeri 11), BRA Kusuma Putri Saraswati (SMP Focus Independent School) dan Almabila Ria Amanda (SMP Kristen 1 Surakarta).

Sedangkan untuk kategori SD, Juara I hingga III diraih oleh Adara Febrita Giant Rochmanita (SD Pangudi Luhur), Vincentius Galang Satria Kurniawan (SD Pangudi Luhur) dan Miefta Zahra Thusifa (SD Negeri Bulukantil No. 150 Surakarta).

Sementara itu, dalam lomba vlog, Juara I hingga III diraih oleh Muhammad Arifin Nugroho, Nicolas Ade Prasetyo dan Ari Bawa.

Sedangkan Juara Harapan I hingga III diraih oleh Stefanus Aries Hendrayana Putra, Berliana Paluh Putri dan Rama Mulyo Saputro.

Masing-masing juara dalam lomba menulis surat dan lomba vlog mendapatkan trofi dari Walikota Surakarta, piagam penghargaan dari Walikota Surakarta dan uang pembinaan.

Acara ditutup dengan menyaksikan bersama film 6 dimensi di ruang audio visual kantor Dinas Arpusda. suhamdani