JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kasus Hack Whatsapp Anggota DPRD Solo Siti Muslikah hingga Dimintai Uang, Ini Penjelasan Kasatreskrim Polresta Solo

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. Pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kasus pembajakan akun whatsapp anggota DPRD Surakarta Siti Muslikah kini ditangani Sat Reskrim Polresta Surakarta. Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak melalui Kasatreskrim AKP Purbo Adjar Waskito membenarkan jika pihaknya sudah menerima aduan dari politisi PDI Perjuangan tersebut.

Purbo memaparkan, pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Akun whatsapp Siti Muslikah yang dihacker seseorang kemudian meminta sejumlah uang.

“Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Nanti semua akan kita panggil, mulai dari pelapor, kemudian pihak yang dihubungi, serta pihak yang telah memberikan sejumlah uang,” kata Purbo, Selasa (01/09/20).

Baca Juga :  SAH, Gibran-Teguh Dapat Nomor Urut 1, Bajo Nomor 2

Siti Muslikah menceritakan, kejadian itu bermula Sabtu malam pekan lalu saat dirinya sedang mengendarai mobil. Lalu di tengah jalan, dirinya mendapat whatsapp dari salah satu dosen yang ternyata juga dibajak yang meminta mengirim ulang sms yang dikirim.

“Karena saya buru-buru dan tidak fokus, akhirnya sms itu saya screenshoot dan saya kirimkan. Ternyata itu sms berisi nomor OTP. Aplikasi whatsapp dosen saya ternyata juga sudah dibajak,” kata Siti.

Setelah whatsappnya ‘diambil alih’ seseorang, drama pun disebut Siti dimulai. Dirinya ditelepon beberapa orang menanyakan soal dirinya yang meminjam sejumlah uang melalui whatsapp.

Baca Juga :  Merasa Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan, Belasan Wartawan Rame-rame Walkout dari Area Konferensi Pers Keraton Surakarta

Hal itu diketahuinya saat salah seorang staf DPRD Surakarta menelpon dirinya di tengah rapat guna menanyakan mengenai permintaan uang. Mayoritas kontak yang dihubungi meminta pinjaman uang Rp 3 juta.

“Malam harinya baru sadar jika whatsapp saya dihack seseorang. Saya pencet-pencet-pencet dan coba masuk tidak bisa,” paparnya.

“Ada dua orang yang lolos dan mentransfer sejumlah uang. Sementata yang lain banyak konfirmasi dulu ke saya sehingga tidak sempat kirim uang,” tambah anggota DPRD Surakarta dari Dapil II Laweyan tersebut.

Setelah kejadian itu, Siti Muslikah melaporkan aksi hack whatsapp tersebut ke kepolisian. Prabowo