JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Kembangkan Sirkular Ekonomi Desa, PKBS Kukuhkan Kepengurusan DPW PKBS Jateng-DIY. Ditunjuk Jadi Ketua, Prof Sriyana Ajak Ubah Pola Pikir ke Arah Kemajuan

Pengukuhan pengurus PKBS DPW Jateng-DIY. Foto/Wardoyo
Pengukuhan pengurus PKBS DPW Jateng-DIY. Foto/Wardoyo

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Paseduluran Keluarga Besar Sragen (PKBS) kembali melebarkan sayap. Kali ini, paguyuban yang mewadahi warga kelahiran Sragen di berbagai wilayah itu kembali membentuk kepengurusan di wilayah Jateng DIY.

Kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKBS periode 2020-2026 Jateng-DIY resmi dikukuhkan di Semar Resto, Boyolali, Jateng, Minggu (30/8/2020) dengan Prof, Dr, Ir, Ing Sriyana sebagai ketuanya.

Pengukuhan dipimpin langsung oleh Metua Umum PKBS, Teddy Sudjarwanto beserta jajaran DPP PKBS.

Pada kesempatan itu, Teddy mengatakan peran PKBS sendiri tidak sebatas membikin program dalam pembangunan ekonomi pedesaan di Sragen. Tetapi secara nyata telah melakukan pendampingan dan pemberdayaan bagi warga Sragen.

Diantaranya telah melakukan pilot project budidaya tanaman kedelai edamame di Desa Kecik, Tanon dan Budidaya shorgum di Kalijambe.

“Di usia PKBS yang menginjak 43 tahun ini, kami memang berupaya bangkit dan terus bersinergi dengan pemerintah dalam mendorong potensi masyarakat daerah khususnya di desa-desa wilayah Kabupaten Sragen dan lainnya,” paparnya kepada Joglossmarnews.com Rabu (2/9/2020).

Tedy menguraikan semangat PKBS adalah mewujudkan sirkular ekonomi desa. Hal itu dilakukan dengan melakukan pendampingan dan ikut pembinaan terhadap UMKM di desa-desa Sragen.

Baca Juga :  Kades Trombol Mondokan Sragen dan 5 Saudaranya Positif Corona, Pelayanan Kantor Desa Tidak Ditutup. Pemkab Pastikan Semua Perangkat Tidak Tertular

PKBS sebagai konsultan masyarakat dalam mengelola potensi daerah masing-masing, misalnya dalam bidang peternakan, perikanan, pertanian, pengembangan SDM dan bidangnya lainnya.

Melalui perencanaan metode sirkular ekonomi agar dapat mempercepat pembangunan di pedesaan.

“Kami turun gunung, ke Sragen maksudnya kami dari desa akan kembali ke desa. Dengan tujuan kami ingin mempercepat pembangunan di pedesaan melalui sirkular ekonomi,” terangnya.

Ketua Umum PKBS, Tedy Sudjarwanto bersama Ketua DPW PKBS Jateng-DIY, Sriyana. Foto/Wardoyo

Sementara, Ketua DPW PKBS Jateng-DIY, Sriyana menjelaskan, perkumpulan ini hadir untuk menguatkan rasa persaudaraan bagi warga Sragen.

Tidak sebatas mereka yang tinggal di Sragen, tetapi juga mereka yang merantau di seluruh Indonesia. Maka PKBS yang awalnya hanya di Jakarta, sudah membuat perwakilan yang dimulai Jateng dan DIY, yang nantinya akan dibuka perwakilan di seluruh Indonesia.

“Warga Sragen yang sukses di bidangnya seperti sebagai birokrasi, akademisi, pengusaha, seniman berkumpul bersama menyumbangkan kemampuan mereka untuk kemajuan Sragen,” tutur Sriyana.

Baca Juga :  Kecelakaan Hebat Depan Samsat Sragen, Truk Remuk Gasak Truk Ngerem Mendadak. Sopir dan Kernet Luka Parah, Truk Biang Kecelakaan Malah Kabur dari Tanggungjawab

Menurut Sriyana PKBS dengan semangat ‘Golek Dulur, Bareng Nandur, Tandure Duwur, Ngluhurke Leluhur’ akan memberikan kebaikan bagi Sragen.

“Dengan PKBS pokoknya semuanya beres. Itulah semangat mengumpulkan persaudaraan warga Sragen khususnya di Jateng dan DIY,” papar Sriyana.

Sementara, melalui metode sirkular ekonomi akan menciptakan ekonomi yang terus berputar sehingga tidak ada yang dibuang. Selain perberdayaan lingkungan daerah juga mengembangkan SDM masyakarat Sragen mengubah pola pikir kearah yang maju.

Ditambahkan Ketua Penasehat DPP PKBS Sri Puryono, perkumpulan ini murni sebagai kegiatan sosial ekonomi yang bersinergi dengan pemerintah. PKBS tidak berpolitik praktis Pihaknya hadir ingin membangun Kabupaten Sragen menjadi lebih baik.

“Paseduluran keluarga besar Sragen ini adalah perkumpulan orang-orang Sragen awalnya dari temen-temen diluar Sragen seperti Jakarta, Sumatra, Kalimantan, dan Semarang saling menghubungkan ayo bangun Sragen bareng-bareng supaya lebih baik,” pungkas mantan Sekda Jateng ini.

Sementara dalam pengukuhan DPW PKBS Jateng dan DIY dihadiri ketua DPRD Sragen Suparno, para pejabat Pemkab Sragen, perwakilan kepala desa Sragen. Wardoyo