JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Peningkatan Kasus Positif Covid-19 Cukup Signifikan, Satgas Usul Aceh dan Bali Masuk Prioritas Pengawasan

Doni Monardo / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan belakangan ini, memaksa Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengusulkan tambahan dua provinsi masuk prioritas penanganan Covid-19.

Dua provibsi tersebut yakni Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Bali.

“Tadi kami laporkan kepada Bapak Presiden, akan kami usulkan tambahan dua provinsi prioritas lagi, yaitu Bali dan Aceh, karena mengalami peningkatan yang cukup tinggi sehingga total semuanya adalah 10 provinsi,” kata Doni Monardo, dalam jumpa pers virtual di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/ 2020).

Baca Juga :  Sidang Perdana Kasus Dugaan Penghapusan Red Notice Joko Tjandra Bakal Digelar 2 November

Adapun delapan provinsi prioritas yang ditetapkan sebelumnya adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Papua.

Presiden Jokowi sebelumnya berkali-kali menekankan pentingnya 3T yaitu testing, tracing dan treatment dalam penanganan penyebaran Covid-19 di provinsi prioritas tersebut. 

Baca Juga :  Arab Saudi Izinkan Indonesia Kirim Jemaah Umrah, Tapi 33.429 Calon Jemaah Tetap Tidak Bisa Diberangkatkan. Ini Alasannya

Jokowi juga menekankan pentingnya intervensi berbasis lokal dalam upaya perubahan perilaku di tengah pandemi.

Doni menyebut, Satgas Penanganan Covid-19 akan menggandeng seluruh relawan hingga akademisi, termasuk komunitas di provinsi prioritas untuk terlibat dalam kampanye perubahan perilaku.

www.tempo.co