JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Produk UMKM Mulai Tembus Pasar Internasional, Pemkab Karanganyar Raih 2 Penghargaan Nasional dari Kemenkop dan Mark Plus. Ini Kategorinya!

Bupati Juliyatmono. Foto/Dok Humas
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Koperasi UMKM dan Mark Plus pimpinan Hermawan Kertajaya.

Dua penghargaan yang diraih tersebut masing-masing untuk kategori nata mukti pranata serta penghargaan Indonesia Tourism di bidang pariwisata.

Sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno menyampaikan, penghargaan tersebut dibacakan secara langsung melalui virtual oleh Kementerian Koperasi dan UMKM serta Hermawan Kertajaya dari Mark Plus.

Menurutnya, berdasarkan penilaian dari Kementerian Koperasi dan UMKM serta Mark Plus, bahwa UMKM Karanganyar saat ini tidak hanya di akses ditingkat lokal, regional dan nasional. Bahkan saat ini dapat diakses secara internasional.

“Saat ini sejumlah produk Karanganyar sudah menembus pasar internasional, seperti kerajinan kaca, handy craft serta berbagai kerajinan lain,” jelas Sutarno.

Ketika disinggung mengenai keluhan sejumlah UMKM mengenai permodalan, Sutarno menyatakan, bupati akan memberikan bantuan permodalan untuk mengembangkan usaha.

“UMKM Karanganyar juga ada sebagian yang menerima bantuan permodalan dari pemerintah. Kita dari Pemkab Karanganyar juga akan membantu memberikan modal usaha yang telah dianggarkan dalam perubahan anggaran 2020. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk jaring pengaman ekonomi,” terangnya.

Ditambahkan, saat pandemi Covid-19 ini, Pemkab Karanganyar terus mendorong agar UMKM terus tumbuh sebagai salah satu penggerakan roda perekonomian masyarakat. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com