JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Produk UMKM Mulai Tembus Pasar Internasional, Pemkab Karanganyar Raih 2 Penghargaan Nasional dari Kemenkop dan Mark Plus. Ini Kategorinya!

Bupati Juliyatmono. Foto/Dok Humas
madu borneo
madu borneo
madu borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Koperasi UMKM dan Mark Plus pimpinan Hermawan Kertajaya.

Dua penghargaan yang diraih tersebut masing-masing untuk kategori nata mukti pranata serta penghargaan Indonesia Tourism di bidang pariwisata.

Sekretaris daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno menyampaikan, penghargaan tersebut dibacakan secara langsung melalui virtual oleh Kementerian Koperasi dan UMKM serta Hermawan Kertajaya dari Mark Plus.

Baca Juga :  Ogah Bayar Denda, Pengendara Motor di Karanganyar Ini Pilih Ngos-Ngosan Push Up 20 Kali. Puluhan Warga Terjaring dan Terpaksa Bayar Denda Rp 20.000an

Menurutnya, berdasarkan penilaian dari Kementerian Koperasi dan UMKM serta Mark Plus, bahwa UMKM Karanganyar saat ini tidak hanya di akses ditingkat lokal, regional dan nasional. Bahkan saat ini dapat diakses secara internasional.

“Saat ini sejumlah produk Karanganyar sudah menembus pasar internasional, seperti kerajinan kaca, handy craft serta berbagai kerajinan lain,” jelas Sutarno.

Ketika disinggung mengenai keluhan sejumlah UMKM mengenai permodalan, Sutarno menyatakan, bupati akan memberikan bantuan permodalan untuk mengembangkan usaha.

Baca Juga :  Kabar Buruk, Dihantam Covid-19, Penerimaan APBD Karanganyar Tahun Depan Anjlok Rp 110 Miliar!

“UMKM Karanganyar juga ada sebagian yang menerima bantuan permodalan dari pemerintah. Kita dari Pemkab Karanganyar juga akan membantu memberikan modal usaha yang telah dianggarkan dalam perubahan anggaran 2020. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk jaring pengaman ekonomi,” terangnya.

Ditambahkan, saat pandemi Covid-19 ini, Pemkab Karanganyar terus mendorong agar UMKM terus tumbuh sebagai salah satu penggerakan roda perekonomian masyarakat. Wardoyo