JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

Ilustrasi tahanan. pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Diduga meniru adegan dalam film, narapidana bernama Cai Changpan berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Tangerang.

Wakil Kepala Polres Metro Tangerang AKBP Yudhistira Midhyawan  mengatakan, terpidana mati kasus narkoba itu menggali lubang dari dalam kamarnya menembus tembok penjara di jalan Veteran Kota Tangerang.

“Dugaan kabur menggali lubang dari dalam (-kamar). Masih dalam penyelidikan, alat bukti di antaranya yang kami temukan obeng,” kata Yudhistira saat dihubungi Tempo Sabtu (19/9/2020).

Yudhistira menyatakan telah membentuk tim untuk mengejar terpidana yang kabur tersebut.

Baca Juga :  Ini Sikap Timnas AMIN Jika Gugatannya Soal Sengketa Pilpres Sampai Ditolak MK

Tim gabungan Resmob, Satreskrim, dan Satnarkoba dibantu Resmob Polda Metro Jaya masih berada di lapangan.

Yudhistira juga mengatakan tim kepolisian selain melakukan pengejaran terhadap Cai Chang Pan (37) juga melakukan pemeriksaan terhadap petugas Lapas Tangerang.

“Kami periksa petugas Lapas terkait kaburnya terpidana, untuk penjagaan pasca kejadian diserahkan internal (Lapas), polisi hanya patroli,” kata Yudhhistira.

Sumber Tempo di lapangan menyebutkan sudah diperiksa 13 petugas dari mulai ketua regu jaga hingga jabatan ke atas termasuk beberapa orang petugas yang berjaga pada malam kejadian.

Baca Juga :  Ini Deretan Kontroversi Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Termasuk Kasus Dugaan Asusila

Meski belum bisa disimpulkan penjagaan di Lapas lemah, Yudhistira mengatakan, mestinya terpidana dengan hukuman tinggi dipindahkan ke Lapas pengamanan super maksimum.

“Besok kami usulkan untuk tahanan bandar narkoba yang vonis mati / seumur hidup agar dipindah ke sel super maximum security seperti di Nusa Kambangan,” kata Yudhistira.

Cai Changpan diketahui kabur pada Senin, 14 September 2020 pada pukul 02.30 WIB.

Diduga dia melarikan diri melalui lubang tanah yang digalinya menembus tembok penjara bagian kiri Lapas.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com