JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Timnas U-19 Takluk 0-3 dari Bulgaria, Pelatih Shin Tae-yong Beberkan Penyebab Kekalahan Skuad Garuda Muda

Timnas U-19 bertandingan melawan Bulgaria U-19 dalam turnamen persahabatan di Kroasia, Sabtu (5/9/2020). Foto: pssi.org

BULGARIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-19 di bawah pelatih Shin Tae-yong melawan Bulgaria U-19 di Kroasia berakhir dengan kekalahan 0-3 untuk skuad Garuda Muda. Kendati belum memperoleh kemenangan, pelatih mengapresiasi kerja keras tim.

Pertandingan yang digelar dalam rangka International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, pada Sabtu (5/9/2020) malam WIB itu awalnya berlangsung seimbang.

Timnas Indonesia U-19 bermain tanpa beban dan sanggup menahan imbang 0-0 Bulgaria pada babak pertama. Namun di babak kedua, Bulgaria berhasil membobol gawang Indonesia tiga kali, masing-masing lewat Martin Petkov di menit ke-78 dan 88, serta oleh Stanislav Shopov di menit ke-82.

Atas hasil tersebut, pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong mengaku tidak kecewa terhadap anak asuhnya. Sebaliknya, dia justru mengapresiasi perjuangan yang telah ditunjukkan Rizki Ridho Ramadhani cs.

Baca Juga :  Dua Gol ke Gawang Qatar Bawa Timnas U-19 Cicipi Kemenangan Perdana, Pelatih Shin Tae-yong: Pemain Sudah Bekerja Keras

“Hasil pertandingan seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kami tidak masalah bagi meski harus kalah,” ujar pelatih Shin Tae-yong, seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Minggu (6/9/2020).

Terkait terjadinya tiga gol lawan di paruh akhir pertandingan yang menyebabkan kekalahan bagi Timnas U-19, Shin Tae-yong mengungkapkan jika menyebab utamanya adalah karena konsentrasi pemain berkurang.

“Yang jelas tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi dan para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di pertandingan ini,” kata Shin Tae-yong menegaskan.

Jawaban serupa juga diberikan pemain belakang Timnas U-19, Bayu Mohammad Fiqri, yang menyebut dirinya bersama pemain lainnya sudah bekerja keras dalam pertandingan lawan Bulgaria.

Meski hasilnya belum sesuai dengan harapan, Bayu mengatakan jika tim saat ini masih berproses. “Kami kehilangan fokus saat terjadinya gol tadi. Bulgaria tim yang bagus dan kita juga mendapat pengalaman yang berharga di laga uji coba nanti. Pada uji coba selanjutnya kami akan berusaha meningkatkan permainan kami,” kata Bayu.

Baca Juga :  Indonesia Dipastikan Absen di Ajang Piala Thomas dan Uber 2020, PBSI: Atlet Khawatir Terpapar Covid-19

Setelah takluk dari Bulgaria, skuad Garuda Muda tidak punya banyak waktu untuk beristirahat karena mereka sudah harus kembali bertanding pada Selasa (8/9/2020) mendatang melawan tuan rumah Kroasia, kemudian pada Jumat (11/9/2020) melawan Arab Saudi.

Timnas U-19 berada di Kroasia dalam rangka pemusatan latihan (TC) yang rencananya akan berlangsung hingga akhir September. Selain mengikuti turnamen tersebut, skuad Garuda Muda juga akan menggelar pertandingan uji coba melawan Qatar, Bosnia Herzegovina, serta tim Dinamo Zagreb.