JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jalan Tembus Manyaran-Selogiri Jadi Impian Warga Puluhan Tahun Lamanya, Terwujud Melalui Pelaksanaan TMMD Sengkuyung di Dusun Gembuk Desa Bero Kecamatan Manyaran Wonogiri

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 yang berada di Dusun Gembuk, Desa Bero, Kecamatan Manyaran menyisakan cerita tersendiri.

Kegiatan TMMD tersebut ternyata menjadikan mimpi warga sekitar berpuluh–puluh tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Manyaran Purwadi saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0728/Wonogiri, Rabu (21/10/2020).

Diawali dengan ucapan selamat datang kepada jajaran Forkopimda, Camat menyampaikan jalan penghubung antara Kecamatan Manyaran dan Selogiri tersebut merupakan mimpi dari warga setempat selama berpuluh-puluh tahun. Mengingat kondisi jalan yang ekstrim, dirinya beranggapan bahwa pemerintah desa tidak mampu menembuskan jalan penghubung tersebut.

Di sinilah, ujar dia, peran dari pemerintah kabupaten bersama TNI dengan menggelar kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III. Sehingga bisa mewujudkan mimpi dari warga masyarakatnya.

Baca Juga :  Keren Lur, Polres Wonogiri Pecahkan Rekor Dunia Kategori Pelayanan Publik Dengan Fitur Aplikasi Terbanyak

“Kami sangat bersyukur dari pemerintah sangat peduli dengan memberikan program TMMD yang mewujudkan mimpi dari warga, satu hal yang kita syukuri karena bisa memudahkan komunikasi maupun transportasi antara Kecamatan Manyaran dan Kecamatan Selogiri,” kata dia.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi dalam sambutannya pun menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud sinergitas bersama dalam membangun desa. Mudah-mudahan dengan pembangunan jalan ini bisa memperlancar komunikasi kita bersama, hubungan yang baik antar wilayah serta menjaga persatuan dan kesatuan bersama.

Program TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0728/Wonogiri di Dusun Gembuk, Desa Bero, Kecamatan Manyaran merampungkan beberapa pengerjaan fisik. Meliputi, penyiapan badan jalan volume panjang 115 meter X lebar 4 meter, jalan rabat beton volume panjang 450 meter X lebar 3 meter X tebal 0.12 sentimeter dan gorong-gorong satu titik dengan panjang 4 meter.

Baca Juga :  Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri Saat ini Dijabat Catur Winarko, Gantikan Sriyono yang Naik Jabatan Menjadi Ketua Dewan

Dengan dana sebesar Rp. 377. 350.750. Berasal dari APBD Provinsi Jateng 155.000.000, APBD Kabupaten Wonogiri Rp. 150.000.000 dan Swadaya masyarakat Rp. 72. 350.750 semua sasaran fisik 100 persen bisa selesai tepat waktu.

Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa secara resmi menutup Program TMMD yang menghubungkan jalan antara Kecamatan Manyaran dengan Kecamatan Selogiri. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon secara simbolis oleh Forkopimda.

Pasiter Kapten Inf Moch. Sambudi menambahkan, penghijauan yang dilakukan bersamaan penutupan TMMD tersebut menanam pohon klengkeng merah putih 100, alpukat 200, sirsak 200 dan sengon 1000 bibit. Aria