JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Penanganan Covid-19 Dilindungi Hukum

Dok Humas Unisri Surakarta
ย ย ย 
Dok Humas Unisri Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kesehatan, kini merupakan satu kebutuhan dasar manusia yang belakangan dijamin haknya secara konstitusional.

Demikian diungkapkan oleh Dr Lusia Indrastuti dalam kuliah umum yang digelar Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta di kampus setempat.

Kuliah umum bertajuk Perlindungan Hukum Dalam Penanganan Covid-19 serta Kemandirian Dalam Proses Pembelajaran itu sekaligus menjadi ajang pengenalan Ormawa dan DEM Fakultas Hukum.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Lusia melanjutkan, untuk mendukung pelaksanaan UUD 1945 dalam rangka menjamin warga negara memperoleh pelayanan kesehatan, pemerintah telah menerbitkan berbagai Juklak dan Juknis, berupa undang-undang atau peraturan presiden.

Untuk penanggulangan Covid-19 dan pelayanan bagi warga yang terserang corona virus yang kini jadi pandemi, Pemerintah RI telah menerbitkan berbagai regulasi.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Beberapa regulasi tersebut seperti Inpres No. 4/2020, Kepres No. 11/2020, Kepres No. 12/2020, PP No. 21/2020, Kepres No. 7/2020, dan lainnya.

“Ada pun upaya-upaya yang dilakukan adalah kebijakan social distancing dan physical distancing, perlindungan bagi tenaga kesehatan sebagai garda depan, dan pembatasan sosial berskala besar,” tandas dosen Unisri, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com