JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengunggah Foto Wapres Ma’ruf Amien Minta Maaf, Terancam 6 Tahun dan Denda Rp 1 M

Tim Badan Reserse Kriminal Polri menangkap pengunggah foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang disandingkan dengan aktor film dewasa Jepang / Istimewa / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hati-hati mengunggah foto orang lain di media sosial, karena salah-salah bisa diperkarakan secara hukum.

Gara-gara mengunggah foto Wapres Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan aktor film dewasa Jepang, Shiego Tokuda atau kakek Sugiono, Sulaiman Marpaung harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Ia pun telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Setibanya di gedung Bereskrim Mabes Polri, dia pun meminta maaf kepada mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu.

“Saya mohon maaf kepada Pak Kiai tentang yang telah saya lakukan. Saya khilaf dan saya berharap kepada Pak Kiai untuk saya diberikan maaf,” ujar Sulaiman begitu tiba di Gedung Badan Reserse Kriminal Polri, Jakarta Selatan, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga :  Deretan Ucapan Maulid Nabi Muhammad 1442 H, Cocok Untuk Status Medsos dan Dikirm via WA

Bareskrim Polri meringkus Sulaiman di Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, Jumat siang. Ia pun langsung dibawa ke Jakarta. Sulaiman yang mengenakan kemeja batik tiba di Gedung Bareskrim Polri pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Ia tak membeberkan secara detail ihwal alasannya menggunggah foto tersebut.

Baca Juga :  Diduga Sebagai Pasal Selundupan, Pasal 46 Dihapus dari UU Cipta Kerja

“Karena dia ulama saya, saya lihat dia, masalah k-pop,” ucap Sulaiman. Ia kemudian langsung masuk ke dalam lift bersama penyidik yang mengawalnya.

Atas perbuatannya itu, Sulaiman diancam Pasal 45A ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 27 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 tahun 2008 tentang ITE, dengan ancaman hukuman penjara enam tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

www.tempo.co