JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Tak Dapat Lawan Uji Coba, Hari Ini Timnas U-19 Hanya Gelar Pertandingan Internal

Pelatih Shin Tae-yong memberikan pengarahan kepada pemain Timnas U-19. Foto: pssi.org
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

KROASIA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim sepakbola nasional Indonesia U-19 seharusnya kembali menjalani pertandingan uji coba pada hari ini, Jumat (23/10/2020). Namun tim Bosnia Herzegovina yang seharusnya menjadi lawan berhalangan hadir usai sejumlah pemainnya positif Covid-19.

Karena tak juga mendapat lawan pengganti, skuat Garuda Muda akhirnya hanya akan menggelar pertandingan internal di Stadion Sloga Mravince, Kota Split, Kroasia. Akan tetapi, meski hanya pertandingan internal, pelaksanaannya dipastikan tetap seperti uji coba sebelumnya, yakni dipimpin wasit beserta dua asisten wasit.

Pertandingan internal yang akan digelar sore hari ini menjadi yang pertama dilakukan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong selama berada di Kroasia. Nantinya, para pemain Timnas U-19 akan dibagi menjadi dua tim, masing-masing mengenakan jersey resmi warna merah dan putih.

“Kami memilih melakukan pertandingan internal game saja pada pada tanggal 23 Oktober. Kami juga telah menyiapkan skema siapa saja pemain yang akan diturunkan,” kata pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga :  Waketum PSSI Sebut Liga Tetap Digulirkan Februari, Tapi Tunggu Vaksin Dulu

Dalam pertandingan internal kali ini, Shin Tae-yong memastikan seluruh pemain akan diturunkan dalam permainan. “Semua pemain akan kami turunkan di internal game. Ini juga untuk melihat sejauh mana perkembangan seluruh pemain,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, salah satu pemain Timnas U-19, Erlangga Setyo menegaskan, meskipun hanya pertandingan internal melawan sesama pemain Garuda Muda, para pemain akan tetap menjalani pertandingan dengan serius. “Internal game nanti seperti suasana pertandingan, jadi kami harus fokus, kerja keras, dan tunjukkan perkembangan yang baik,” kata Erlangga.

Sebelumnya, selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia, David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani sebelas kali pertandingan uji coba, dengan hasil tiga kali kalah, tiga kali imbang, dan sisanya menang. Uji coba terakhir melawan tim papan atas Kroasia, Hajduk Split, skuat Garuda Muda berhasil meraih kemenangan 4-0.

Baca Juga :  Bhayangkara FC Bermarkas di Stadion Manahan, Wali Kota Rudy: Kesempatan Pemain Muda Solo Dilirik

Setelah pertandingan internal Jumat ini, Timnas U-19 sedianya juga masih menyisakan satu jadwal uji coba, yakni pada Senin (26/10/2020) pekan depan. Namun untuk tim lawan juga belum ditentukan.

Program pemusatan latihan alias TC Timnas U-19 di Kroasia digelar sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang Piala Dunia U-20 yang dilangsungkan di Indonesia sebagai tuan rumah.