JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Antisipasi Erupsi Gunung Merapi, KPU Klaten Siapkan TPS Khusus Bagi Pengungsi

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat saat menghadiri undangan rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jawa Tengah, kemarin. Foto : Istimewa
   

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menyikapi kondisi gunung Merapi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten telah menyiapkan skenario pemungutan suara bagi para pengungsi yang ada di daerah bahaya erupsi Gunung Merapi.

Di Klaten setidaknya ada tiga desa yang ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Setidaknya terdapat 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di tiga desa yang masuk daerah bahaya erupsi Merapi, yakni Desa Sidorejo sembilan TPS , Desa Tegalmulyo lima TPS, Desa Balerante empat TPS. Namun saat ini, dengan status siaga, terdapat tiga TPS yang warganya sudah mengungsi.

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan KPU Jawa Tengah telah memetakan situasi yang ada di daerah tersebut terkait dengan skenario pemungutan suara dalam kondisi erupsi Merapi.

“Kami sudah koordinasikan melalui KPU Klaten dan KPU Boyolali dengan Pemerintah Daerah setempat terkait dengan data-data pengungsi, sehingga harapannya nanti bagi para pengungsi, tersebut untuk bisa tetap memberikan pelayanan hak pilihnya,” jelas Yulianto dalam rapat koordinasi Forkopimda secara virtual, kemarin.

Yulianto menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan TPS untuk mengantisipasi apabila terjadi peningkatan status Gunung Merapi menjadi awas dan warga harus melakukan pengungsian.

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

“Seandainya situasi terburuk, itu meningkatnya status, siaga naik menjadi level awas, dan semuanya harus turun (mengungsi) tentu kami harus menyiapkan TPS di tempat pengungsian,” imbuhnya.

Yulianto menjelaskan, untuk Desa Balerante terdapat tiga dukuh yakni Sambungrejo, Ngipiksari, dan Gondang dengan TPS 001 sebanyak 380 pemilih. Keberadaan TPS 001 yang semula berada pada KRB 3 dipindahkan ke TES (Tempat Evakuasi Sementara). Namun, apabila terjadi peningkatan radius dan warga Desa Balerante harus mengungsi ke Tempat Evakuasi Akhir (TEA) di selter Prambanan, maka nanti sebanyak empat TPS akan didirikan di tempat tersebut.

Pada Desa Sidorejo dengan tiga dukuh yakni Dukuh Petung, Mbangan, dan Deles yang merupakan bagian dari TPS 009 dengan jumlah 374 pemilih. Saat ini TPS 009 yang semula berada di Dukuh Deles dipindahkan di Dukuh Petung Kidul. Meski saat ini warga belum melakukan pengungsian, jika terjadi peningkatan radius dan warga mulai mengungsi di TES GOR Kalimosodo, maka TPS akan didirikan di Gedung Bumdes.

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

Sementara itu, di Desa Tegalmulyo, terdapat tiga dukuh yang masuk KRB yakni Dukuh Pajegan, Canguk, dan Sumur yang ada pada TPS 005 dan TPS 004. Pada kedua TPS tersebut terdapat beberapa warga dari dusun yang ada di sekitarnya, apabila terdapat peningkatan radius maka TPS 005 dengan jumlah 397 pemilih dipindahkan di area TES di Gedung SD dan Gedung Waserda.

“Termasuk apabila terjadi peningkatan radius dan warga Tegalmulyo harus mengungsi di selter Demakijo, Kecamatan Karangnongko maka TPS akan didirikan di area TEA,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Klaten Samsul Huda saat dijumpai beberapa waktu lalu menyebutkan, koordinasi dengan berbagai pihak yang ada di tiga tersebut melibatkan Forkopimcam Kemalang, kepala desa, PPK, PPS dan relawan.

“Sudah kita petakan itu (pemilih yang mengungsi), nanti statusnya masih di TES, maka TPS-nya cukup di TES. Nanti kalau aktivitas Merapi meningkat mungkin bisa ke TEA itu sudah kita petakan dan antisipasi,” pungkasnya. Joko

Berita ini telah tayang di https://grobogan.JOGLOSEMARNEWS.COM /2020/11/346761/

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com