JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dirawat di RS UMMI Bogor, Rizieq Shihab Diam-diam Lakukan Tes Swab Covid-19 Tanpa Sepengetahuan Pihak Rumah Sakit

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Foto: YouTube/ Front TV

BOGOR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dikabarkan telah menjalani tes swab Covid-19 secara diam-diam saat tengah dirawat di Rumah Sakit UMMI Bogor.

Selain tanpa sepengetahuan pihak rumah sakit, tes swab yang dijalani Rizieq Shihab pada Jumat (27/11/2020) siang disebut juga tidak diketahui Pemerintah Kota Bogor.

Kabar tentang tes swab Rizieq Shihab itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang mengaku baru mengetahui informasi tersebut setelah melaksanakan ibadah sholat Jumat.

“Setelah pelaksanaan sholat Jumat saya mendapat informasi bahwa Rizieq Shihab telah melakukan tes swab, akan tetapi tanpa mengabari kami dari Pemkot Bogor,” kata Bima Arya dalam keterangan persnya di kantor Balai Kota Bogor, Jumat (27/11/2020) petang.

Seperti diketahui, Pemkot Bogor tengah turut memantau kondisi Rizieq Shihab yang saat ini sedang dirawat di RS UMMI Bogor.

Baca Juga :  Total 239 Kantong Jenazah Terkumpul, 17 Korban Teridentifikasi. Basarnas Perpanjang Operasi Pencarian Korban Sriwijawa Air SJ182 sampai Senin

Rizieq Shihab dibawa ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS UMMI Bogor, pada Kamis (26/11/2020) bersama dengan istrinya. Namun dokter rumah sakit menyatakan, pemimpin FPI itu hanya mengalami kelelahan.

Sementara itu, Bima Arya selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor merasa turut berkepentingan untuk meminta Rizieq Shihab melakukan tes swab.

Hal tersebut dikarenakan Rizieq Shihab yang sebelumnya diketahui turut hadir dalam acara yang menarik kerumunan massa ribuan orang. Bahkan ada rekaman video yang menunjukkan Rizieq tengah berpelukan dengan calon wali kota Depok Mohammad Idris yang kemarin diketahui positif Covid-19.

Atas dasar alasan itulah, Bima mengatakan, Rizieq seharusnya berstatus orang dalam pemantauan karena pernah berinteraksi dengan orang yang terpapar virus Corona.

“Apalagi di Petamburan ini klaster sudah semakin banyak. Sudah 80 orang terakhir dinyatakan positif, klaster Petamburan,” kata dia.

Baca Juga :  24 Kantong Jenazah dan Satu Kantong Partikel Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Berhasil Diangkat tim Basarnas

Bima mengatakan, sebelumnya ia sudah berkoordinasi dengan pihak RS UMMI Bogor mengenai tes swab untuk Rizieq Shihab.

“Bahkan Jumat pagi, saya dapat laporan dari Dirut RS UMMI, katanya pihak keluarga berkenan melakukan swab test tetapi harus menunggu dokter pribadi yang akan datang dari Jakarta,” kata Bima.

Ia pun menyampaikan kepada pihak RS UMMI Bogor untuk berkoordinasi perihal tes usap tersebut. Namun, Bima mengatakan, setelah salat Jumat, ia mendapat kabar bahwa Rizieq Shihab telah melakukan tes swab tanpa berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor maupun pihak rumah sakit tempatnya dirawat.

Bahkan, menurut Bima, Dirut RS UMMI Bogor, dr Andi Tata menyatakan tak tahu menahu bahwa Rizieq Shihab telah melakukan tes swab. “Karena swab test itu dilakukan ketika pelaksanaan salat Jumat,” kata dia.

www.tempo.co