JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Akhir Sepak Terjang Zulkarnaen, Teroris Asal Masaran Sragen Yang Dilumpuhkan Usai 20 Tahun Dalam Perburuan. Tiap Kali Ada Insiden Bom Teroris, Rumahnya di Sragen Selalu Jadi Intaian

Sosok Zulkarnaen alias Daud alias Aris Sumarsono, teroris asal Masaran Sragen. Foto/Rewardsforjustice.net
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tim Detasemen Khusus atauย Densus 88ย Antiteror berhasil menangkap terduga teroris asal Sragen bernama Zulkarnaen (57) di Lampung, Sabtu (12/12/2020).

Penangkapan Zulkarnaen turut menguak jatidiri teroris kelahiran Desa Gebang, Masaran Sragen yang dibekuk usai buron selama 20 tahun itu.

Penangkapan pria bernama asli Aris Sumarsono dan dikenal sebagai ahli peracik bom itu juga sekaligus mengakhiri penantian panjang perburuan polisi terhadapnya.

Nama Zulkarnaen bahkan kerap disebut dan muncul acapkali terjadi insiden ledakan bom dalam aksi terorisme du negeri ini.

Acapkali ada kasus bom teror, rumahnya di Dukuh Gebang Kidul RT 2/RW VI, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen yang merupakan kediaman orangtuanya juga selalu jadi intaian polisi yang mengawasi barangkali sang panglima JI itu pulang kampung.

“Iya, setiap ada kasus bom teroris, ada orang yang datang ke dekat rumahnya. Tidak berpakaian seragam polisi, tapi warga yakin memang aparat yang melakukan pengawasan terselubung,” ujar Tio, salah satu warga Gebang.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Zulkarnaen diketahui menyiapkan semacam pelatihan khusus membuat bom dan terlibat konflik-konflik di Poso dan Ambon.

Zulkarnaen merupakan buronan terkait kasus teror Bom Bali 1,” papar Argo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (12/12/2020).

Argo mengatakan terduga teroris asal Sragen, Jawa Tengah itu diduga berperan dalam menyembunyikan Upik Lawangan alias Taufik Bulaga alias Udin.
Upik telah lebih dulu ditangkap Densus 88 di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung pada 23 November 2020.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Argo menjelaskan Zulkarnaen pernah menempuh pendidikan selama empat semester.

Yakni pada tahun 1982 di Fakultas Biologi sebuah kampus di Yogyakarta.

“Zulkarnain adalah panglima askariย Jamaah Islamiyahย ketika bom Bali 1,” jelasnya.

Zulkarnaen disergap dalam sebuah penggerebekan di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Dari data Mabes Polri, pria asal Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen itu dikenal memiliki lima nama.

Selain Zulkarnaen, ia juga dikenal dengan nama lainย Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin alias Abdulrahman itu.

“Penangkapan tanpa perlawanan,” jelas Argo Yuwono.

Sementara data yang dikutip dari lamanย rewardsforjustice.net, Zulkarnaen yang nama sebenarnya adalah Aris Sumarsono, dipanggil Daud oleh sesama militan.

Pejabat Amerika Serikat dan Indonesia mengatakan bahwa Zulkarnaen menjadi kepala operasi untuk Jemaah Islamiyah (JI) setelah penangkapan pendahulunya Ridwan Isamuddin, juga dikenal sebagai Hambali, di Thailand.

Zulkarnaen digambarkan oleh mereka yang mengenalnya sebagai orang kecil dan sedikit cakapnya.

Zulkarnaen telah diidentifikasi kemungkinan menjabat sebagai pemimpin tertinggi dari kelompok teroris Jemaah Islamiyah di Asia Tenggara.

Ia diperkirakan memimpin unit elit yang melaksanakan pemboman bunuh diri di Hotel Marriott di Jakarta yang menewaskan 12 orang tahun 2003 serta membantu mempersiapkan bom yang menewaskan 202 orang di Bali tahun 2002.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Zulkarnaen adalah salah satu orang al-Qaโ€™ida penting di Asia Tenggara dan satu dari sedikit orang di Indonesia yang punya kontak langsung dengan jaringan teror al-Qaโ€™ida.

Zulkarnaen memperoleh gelar dalam ilmu biologi dari sebuah universitas di Indonesia, dan pada tahun 80an ia adalah militan Indonesia pertama yang pergi ke Afghanistan untuk mengikuti pelatihan menjadi ahli sabotase.

Zulkarnaen kini memimpin unit militan yang disebut Lashkar Khos, atau โ€˜pasukanโ€™ yang anggotanya direkrut dari sekitar 300 warganegara Indonesia yang dilatih di Afghanistan dan Filipina.

Zulkarnaen adalah anak didik Abdullah Sungkar, pendiri JI dan sekolah asrama al-Mukmin dimana Zulkarnaen dan militan senior lainnya belajar.

Pada pertengahan 1980an, Sungkar mengirim sekelompok kecil warga Indonesia ke Afghanistan untuk dilatih dalam sebuah kamp yang dipimpin komandan Mujahidin Abdul Rasul Sayyaf.

Sebelum kematian Sungkar tahun 1999, Zulkarnaen acapkali terlihat di sisi pembimbingnya, membantu mengorganisasi konferensi dan mengatur agenda dari tokoh radikal ini.

Zulkarnaen diperkirakan membantu mengorganisasi pertempuran di kepulauan Maluku pada tahun 1990an, dan mengorganisasi pertemuan di kalangan militan yang dilatih di Afghanistan pada waktu yang berbeda, sehingga memungkinkan mereka untuk menggabungkan kekuatan. (Tempo.co/Wardoyo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com