JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kekayaannya Minta Ampun Sampai Rp 1,9 Trilyun, Lihat Koleksi 5 Mobil Mewah Milik Menteri Kelautan Sakti Wahyu Trenggono

Susi Pudjiastuti, Eko Djalmo Asmadi, dan Wahyu Sakti Trenggono / tempo.co

Jakarta, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono memiliki lima mobil dan sebuah sepeda motor. Dia dilantik oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 23 Desember 2020, bersama lima menteri dan sejumlah wakil menteri baru lainnya.

Dia, pengusaha yang dekat dengan PDIP, menggantikan kader Partai Gerindra Edhy Probowo yang terjerat kasus korupsi proyek lobster. Sebelumnya, Wahyu Trenggono menjabat Wakil Menhan.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Wahyu Trenggono tercatat memiliki kekayaan Rp 1,947 triliun. Dari total tersebut, Rp 6,1 miliar di antaranya dalam bentuk alat transportasi dan mesin.

Ada lima mobil dan sebuah motor yang dimilikinya. Berikut detailnya:

1. Range Rover 2013
Range Rover merupakan kendaraan mewah jenis SUV yang diproduksi perusahaan asal Inggris, Land Rover. Mobil ini ditaksir seharga Rp 1,8 miliar dan memiliki penggerak roda empat.

Kapasitas mesinnya 2.995 cc bertenaga 335hp dan torsi 450 Nm, serta jenis bahan bakar diesel berkapasitas 80 liter. Ada 6 silinder dengan katup per silinder 4 yang dikonfigurasi DOHC.

Mobil SUV dengan lima kursi ini memiliki ukuran dimensi 4.850 x 2.220 x 213 mm. Suspensi depan dan belakang menggunakan Air Suspension.

Baca Juga :  Beredar Isu Dalam Vaksin Covid-19 Terdapat Chip Komputer untuk Melacak Penerima Vaksin, Satgas: Hoaks!

2. Audi RS 5 Sedan 2015
Mobil ini dibekali mesin 4.2L DOHC V8 bertenaga 450 hp, dan menggunakan transmisi 7-speed Twin-clutch. Interior dalamnya tampil mewah.

Meskipun hanya memiliki dua pintu, mobil ini bisa mengangkut empat orang. Mobil mewah ini ditaksir seharga Rp 2,5 miliar.

3. Audi Q3 2012
Audi Q3 memiliki varian mesin diesel TDI dan bensin TFSI 2.000 cc. Dilengkapi peranti injeksi langsung, turbocharger, peranti start-stop, serta energy recovery system.

Kerangkan pelapis bodinya dirancang aerodinamis dan menggunakan bahan super ringan. Kap mesin hingga knalpot dibuat dari bahan alumunium.

Total bobotnya kurang dari 1,4 ton. Mobil Audi Q3 keluaran 2012 milik Wahyu Trenggono ini ditaksir seharga Rp 285 juta.

4. Toyota Vellfire 2015
Vellfire memiliki karakter yang berbeda kendati menempati segmen MPV mewah. New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan high technology, serta tampil lebih berani.

Mobil Wahyu Trenggono ini memiliki interior yang lega dan mewah. Harganya juga lebih murah dibandingkan Alphard, ditaksir Rp 740 juta.

Baca Juga :  Dari Sidik Jari, 17 Jenazah Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Berhasil Terindentifikasi. Delapan Perempuan dan 9 Laki-Laki, Berikut Daftarnya

Mesinnya 2.5L Petrol Engine, Inline 4 Cylinder 16 Valve DOHC with VVT-i, bertenaga 178 hp dan torsi 234 Nm.

5. Mercedes Benz GLA 200 Tahun 2018
Mobil pabrikan Eropa ini mengusung mesin 4 silinder segaris kapasitas 1.595 cc turbo. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 156 dk dan torsi 250 Nm.

SUV Mercedes ini dilengkapi kursi yang nyaman yang dapat disetel secara elektrik. Ada tiga fungsi memori untuk pengemudi dan penumpang depan. Harganya sekitar Rp 690 juta.

6. Honda BeAT 2012
Sepeda motor milik Wahyu Trenggono ini tidak tergolong istimewa karena banyak masyarakat yang memilikinya. Kendaraan roda dua ini dibanderol Rp 12 juta-an.

Menggunakan mesin berkapasitas 110 cc, Honda BeAT ini sudah memiliki pendingin udara. Fitur keamanannya juga standar samping otomatis (Side Stand Switch) yang membuat mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun.

Ada juga Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan. Pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter), serta Autochoke untuk memudahkan menghidupkan mesin tanpa harus menggeser tuas secara manual.

www.tempo.co