JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gara-gara Twit Singgung Habib Lutfi, Maheer At-Thuwailibi yang Pernah Ribut dengan Nikita Mirzani, Ditangkap Polisi dan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Ujaran Kebencian

Soni Ernata alias Maaher At-Thuwailibi, pemilik akun Twitter @ustadzmaheer_, ditangkap dan dijadikan tersangka kasus dugaan ujaran kebencian. Foto: Twitter

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Soni Ernata alias Maaher At-Thuwailibi, yang pernah terlibat perseteruan dengan artis Nikita Mirzani, ditangkap polisi dan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian terhadap Kiai Nahdlatul Ulama (NU), Habib Lutfi bin Yahya.

Maheer ditangkap Bareskrim Polri pada Kamis (3/12/2020) dini hari. Penangkapan tersebut terkait dugaan ujaran kebencian lewat akun Twitter @ustadzmaheer_.

Perihal penangkapan itu telah dikonfirmasi oleh Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono. “Ya memang benar tadi pagi jam 04.00 subuh tim dari Bareskrim Polri terutama dari Siber, telah melakukan penangkapan terhadap seseorang di daerah Bogor. Yang bersangkutan dilaporkan oleh salah satu pelapor yang merasa terhina,” tutur Argo saat dikonfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Menurut Argo, penangkapan yang dilakukan sesuai dengan laporan polisi bernomor LP/B/0677/XI/2020/Bareskrim tanggal 27 November 2020.

Baca Juga :  Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Jawa-Bali Akan Diperpanjang 2 Minggu Lagi!

Adapun dugaan tindak pidana yang dilakukan adalah menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebenciaan, permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan. “Statusnya jadi tersangka,” jelas Argo.

Argo belum merinci lebih jauh terkait penangkapan tersebut dan masih akan melaksanakan pemeriksaan dengan memperhatikan hak Maaher At-Thuwailibi sebagai tersangka.

Sementara disampaikan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, kasus yang menjerat Maheer berkaitan dengan twit yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @ustadzmaheer_.

Dalam salah satu twitnya, pemilik akun tersebut pernah mengunggah kalimat “Iya tambah cantik pake jilbab… kayak kyai nya Banser ini ya..”. Bersama twit tersebut pemilik akun juga mengunggah foto tokoh NU, Habib Lutfi bin Yahya.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19, Menteri Agama Minta Jamaah Haji 2021 Diprioritaskan

“Ya, tadi malam ditangkap Direktorat Siber terkait penghinaan dan konten bernuansa SARA, saat ini dalam proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Komjen Listyo Sigit Prabowo saat dikonfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Ditambahkan Listyo, polisi telah menetapkan status tersangka dan penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap yang brsangkutan. “Saat ini sudah ditetapkan tersangka dan sedang dikembangkan,” kata Listyo dikutip Liputan6.com.

Sebelumnya, nama Maheer At-Thuwailibi sempat ramai diperbincangkan di media sosial karena yang bersangkutan sempat berseteru dengan artis Nikita Mirzani. Maheer termasuk salah satu pihak yang tersinggung dengan pernyataan “Habib Tukang Obat” yang dilontarkan Nikita.

Bahkan, Maheer dalam videonya sempat mengancam bakal mengepung kediaman Nikita dengan membawa 800 orang laskar. Ancaman itu tidak pernah terealisasi. Liputan 6