JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pohon Besar di Jalan Ahmad Yani Grobogan Roboh Saat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Sebuah pohon besar di Jalan Ahmad Yani di kawasan Kuripan, Kota Purwodadi tumbang, pada Selasa (1/12/2020) sekira pukul 16.15 WIB. Foto : Arya

PURWODADI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebuah pohon besar di Jalan Ahmad Yani di kawasan Kuripan, Purwodadi, Grobogan roboh saat terjadi hujan disertai angin kencang, pada Selasa (1/12/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Batang pohon yang tumbang teresbut menutup seluruh badan Jalan Ahmad Yani dan mengakibatkan lalu lintas dari arah barat Kota Purwodadi menuju Kota Purwodadi sempat macet.

Kendaraan diarahkan dua arah, melalui jalur alternatif pesepda serta melawan arus di jalur sebaliknya untuk kendaraan besar seperti truk besar dan kendaraan berat lainnya.

Pohon tumbang karena hujan deras yang melanda wilayah Kota Purwodadi dan sekitarnya. Hujan deras yang disertai angin sejak siang turun.

Pohon yang tumbang tak jauh dari Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan.

Baca Juga :  Meski Pandemi, Ganjar Ingatkan Jangan Pernah Lupa untuk Selalu Menanam Pohon Sebanyak-banyaknya

Sejumlah petugas polisi Satlantas Polres Grobogan, petugas BPBD Grobogan serta petugas PLN Purwodadi langsung datang untuk mengatur lalu lintas. Sementara petugas kebersihan langsung datang untuk memotong pohon.

Petugas Satlantas Polres Grobogan sempat menerapkan sistem buka tutup untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan besar berputar arah untuk melawan arus di jalur sebaliknya.

Kepala Satlantas Polres Grobogan AKP Sri Martini terjun langsung memimpin jajarannya dalam upaya pengaturan lalu lintas dan sterililasi batang dan daun pohon yang tumbang.

Ia mengatakan pohon tersebut tumbang ke arah jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

“Pohon tumbang tersebut dikarenakan hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan pohon tersebut tumbang ke badan jalan yang mengakibatkan terjadinya kemacetan,” terang Sri Martini di lokasi pohon tumbang.

Baca Juga :  62.560 Vaksin Covid-19 Tiba di Semarang, Tapi Besok Hanya 3 Kabupaten/Kota yang Akan Gelar Vaksinasi

Sri Martini mengungkapkan lebih detail, setelah menerima laporan, pihaknya langsung menuju ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

“Mendapat informasi adanya pohon tumbang ini, kami bersama anggota langsung menuju lokasi untuk pengaturan lalu lintas dan evakuasi batang pohon.  Kurang lebih satu jam pelaksaan evakuasi pohon dilakukan lalu lintas sudah kembali lancar,” terang dia

“Arus lalin sudah kembali normal pada pukul 17. 00 WIB berjalan aman dan lancar, kami juga mengimbau kepada warga yang melintas untuk lebih berhati-hati saat hujan turun. Serta yang terpenting patuhi rambu-rambu lalu lintas dan berbagai imbauan tertib berlalu lintas yang telah kami pasang di sejumlah ruas jalan,” imbuh dia. Arya Utama