JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Siap-Siap, Semua Kendaraan Luar Kota Masuk Karanganyar Bakal Diperiksa Saat Libur Akhir Tahun. Ada 4 Titik Pantau Untuk Kendaraan Pemudik, Simak Daftarnya!

Rakor persiapan pengamanan Ops Lilin Candi 2020 di Polres Karanganyar, Kamis (17/12/2020). Foto/Beni

IMG 20201217 WA0053
Rakor persiapan pengamanan Ops Lilin Candi 2020 di Polres Karanganyar, Kamis (17/12/2020). Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski Pemkab Karanganyar tidak memberlakukan karantina bagi pemudik, namun ada 4 exit tol yang akan dilakukan pemantauan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran covid 19.

Keempat exit Tol yang akan dipantau itu adalah exit Tol Ngasem, Klodran, Gondangrejo dan Kebakramat. Sehingga diharapkan semua warga yang melintas taat pada protokol kesehatan.

Kasatlantas Karanganyar, AKP Maulana Ozar mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi mengatakan pemantauan itu bersifat normatif dan dikhususkan berlaku pada kendaraan dengan Nopol luar kota.

Maka akan dihentikan dan hanya untuk dipantau saja apakah pengendara sudah mentaati protokol kesehatan.

Baca Juga :  Derita Pengelola Hotel di Tawangmangu Terpukul PPKM. Enam Hari Tamu Sepi, Bookingan Berguguran Minta Jadwal Diganti

Fokus pemantuan itu pada ketaatan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Untuk itu formasi petugas yang melakukan pemantauan lengkap meliputi TNI/Polri, Dinkes, Dishub dan dari dinas terkait.

Adapun secara teknisnya, petugas memantau arus lalu lintas di 4 exit Tol tersebut dengan cara memantau. Jika terdapat kendaraan yang tidak mentaati protokol kesehatan maka akan dihentikan untuk disarankan agar mentaati protokol kesehatan.

“Jika ada yang ketahuan tidak pakai masker misalnya, nanti kita hentikan dan disarankan memakai masker. Jika tidak punya masker akan kita beri gratis,” tandasnya.

Baca Juga :  Di Tengah Badai Pandemi, Permen Yupi Tak Goyah Investasi di Karanganyar. Pemkab Catat Investasi 2020 Bisa Rp 2,9 Trilyun Lebihi Target

Namun begitu jika ada kendaraan luar kota yang melintas juga dihentikan sejenak untuk dipantau ketaatan protokol kesehatannya.

“Jika yang diperiksa sudah taat protokol kesehatan maka silahkan lanjutkan perjalanan,” lanjutnya.

Kasatlantas menegaskan di Karanganyar tidak diberlakukan karantina bagi pemudik sehingga pemudik jangan takut melintasi wilayah Kabupaten Karanganyar.

Tapi tentunya tetap mentaati protokol kesehatan.

“Ingat petugas hanya memantau dan bukan mengkarantina,” tegasnya.

Dijelaskan untuk posko pengamanan liburan Natal & Tahun Baru Polres Karanganyar menyiapkan sebanyak 8 titik yang akan efektif pada Senin (21/12).

Setiap pos berisi 17 anggota dari berbagai dinas termasuk TNI. Beni Indra