JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Letusan Merapi Makin Meningkat, Dinsos Karanganyar Juga Mulai Siagakan Tagana & Dapur Umum. Ternyata Ini Tujuannya!

Waluyo Dwi Basuki. Foto/Beni

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyusul kondisi erupsi Gunung Merapi yang menunjukkan intensitas meningkat,
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karanganyar mulai menyiagakan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Dinsos pun siap mengirimkan Tagana guna membantu penanganan bencana merapi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sejumlah peralatan dapur umum dan personel sekitar 60 orang sudah dilakukan gladi bersih.

Kepala Dinsos Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki Basuki mengatakan saat ini statusnya ready baik sistem untuk penanggulangan bencana dan dapur umum.

“Jika sewaktu-waktu kami dimintai bantuan sudah untuk dikirim ke daerah yang terdampak erupsi Gunung Merapi,” paparnya Rabu (20/1/2021).

Baca Juga :  Setelah Rawat Janda Buta Tuli, Warga Ngringo, Jaten Karanganyar Kembali Rawat Duda Tua Lumpuh dan Sebatangkara

Menurut Basuki, pantauan update gunung teraktif di pulau Jawa itu menunjukkan adanya pergerakan signifikan.

Erupsi mulai sering terjadi dengan intensitas naik turun. Intensitas kali ini cukup mengkhawatirkan sebab menengok pengalaman erupsi yang cukup besar seperti tahun 2010 lalu juga naik turun.

Untuk itulah, pihaknya juga siaga menyiapkan personel Tagana yang tugasnya juga menangani bencana untuk memberikan perlindungan sosial.

Baca Juga :  Kesal Dipukul Cucunya Dengan Kayu Ukir, Sang Kakek di Gondangrejo Balas Mencangkul Sang Cucu, Akhirnya Tewas

Adapun logistik untuk mendukung
pengungsian di Gunung Merapi juga sudah siap.

“Yang jelas jika kami ditelp setiap saat siap untuk membantu menuju merapi,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap menunggu jalur kordinasi jika bencana terjadi. Biasanya permohonan bantuan datang dari pihak terkait kepada Dinsos Karanganyar, setelah itu langsung diberikan jawaban dan segera berangkat ke lokasi yang diminta.

Tagana Karanganyar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD sering melakukan bantuan di daerah bencana sehingga pengalamannya teruji.
Beni Indra