JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Gubernur Ganjar Dukung Penuh Wacana Menag Yaqut Jadikan Borobudur Sebagai Tempat Ibadah Umat Budha Dunia

Candi Borobudur. Pixabay
ย ย ย 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut gembira dan mendukung penuh wacana Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang akan menjadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia.

Gubernur Ganjar mengatakan bahwa usulan Borobudur sebagai tempat ibadah umat Budha dunia sudah menjadi idenya sejak lama.

โ€œHari ini, Pak Menag menyampaikan itu dan ini berita yang sangat menggembirakan,โ€ kata Ganjar saat ditemui di rumah dinasnya, Sabtu (30/1/2021).

Ganjar menilai, ada potensi sangat besar jika Borobudur dijadikan sebagai rumah ibadah Buddha dunia. Berdasarkan obrolannya dengan para Bhante (biksu) dan Organisasi Keagamaan Budha, diketahui ada sekitar 5 juta umat Buddha dunia yang sangat aktif.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

โ€œKalau itu bisa dilakukan, maka sebenarnya potensinya sangat besar. Di Buddha itu, setahun minimal ada lima perayaan keagamaan. Bayangkan saja, akan ada sekian juta orang yang akan berkunjung ke Borobudur dan itu bisa berkali-kali dalam setahun,โ€ terang Ganjar.

Dengan begitu, maka nilai religiusitas, pergaulan antar agama maupun dengan masyarakat internasional di kawasan Borobudur semakin kuat.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Meski begitu, Ganjar berharap Menag merangkul semua pihak yang berkepentingan untuk berkomunikasi antar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

โ€œSaya kira langkah-langkahnya harus disiapkan dengan baik, dan kelompok masyarakat yang ada di sana harus diajak bicara agar memahami pada keputusan ini. Pada prinsipnya saya mendukung karena ini bagus sekali,โ€ pungkasnya.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan siap memfasilitasi umat Budha untuk mewujudkan Candi Borobudur menjadi Rumah Ibadah Agama Buddha di Dunia. Satria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com