JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Siap-Siap, 570.156 Warga Karanganyar Terdaftar Jadi Sasaran untuk Divaksin Covid-19. Tahap Pertama 3.441 Tenaga Kesehatan dan TNI Polri, Yang Terima SMS Tandanya Harus Divaksin!

Plt DKK Karanganyar, Purwati. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 570.156 warga Karanaganyar akan menjadi sasaran vaksin Covid-19.

Saat ini vaksin tersebut telah berada di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan rencananya pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang akan tiba di Karanganyar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Purwati mengatakan vaksinasi pertama akali akan dilakukan terhadap pelaku profesi yang berkenaan dengan pelayanan publik.

Di antaranya tenaga kesehatan (Nakes), pelayanan publik, TNI, Polri, Satpol PP, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat rentan, BJS PBI, masyarakat lainnya, masyarakat pelaku ekonomi, kelompok lansia dan comorbid yang terkontrol.

Baca Juga :  Tak Tahan Lihat Pedagang Tanpa Masker, Kepala Dinas Perdagangan Karanganyar Langsung Muntab: Pergi Sana, Tutup Kiosmu, Saya Tunggu Saiki!

Menurutnua, ada sekitar 3.441 nakes baik negeri maupun swasta yang akan menjalani vaksin Covid-19 tersebut.

“Kita telah melakukan persiapan. Pendataan juga telah kita lakukan. Ada sekitar 21 Puskesmas dan 2 rumah sakit sebagai lokasi melakaukan vaksinasi kepada masyarakat. Saat ini kita akan menyusun alur dan mekanisme pelaksanaan vaksinasi itu sendiri,” paparnya Senin (04/01/2021).

Ia menjelaskan seluruh proses layanan vaksinasi dilakukan melalui aplikasi. Jika telah menerima SMS, khususnya bagi Nakes, maka yang bersangkutan dapat memilih lokasi vaksinasi dilakukan.

Baca Juga :  6 Warga Desa Wukir Sawit Karanganyar Positif Covid-19, Satu Orang Sampai Meninggal Dunia. Warga Sempat Resah dan Ketakutan!

“Jadwal vaksinasi dapat memilih lokasi dimanapun. Tapi yang jelas, kita baru akan menentukan alur pelayanannya terlebih dahulu,” urainya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaannya, vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan secara simbolis oleh bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Untuk pelaksanaan, nanti secara simbolis, pertama kali akan dilakukan oleh bapak bupati. Dan beliau sudah menyatakan kesediannya,” pungkasnya. Wardoyo