JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Sebanyak 51 Guru SMP Negeri 9 Surakarta Ikuti Bimtek AKM

Guru-guru SMP Negeri 9 Surakarta mengikuti Bimtek AKM / Dok SMP Negeri 9 Surakarta
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 51 orang guru SMP Negeri  9 Surakarta mulai mendaftar Bimtek Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM) melalui laman http://gurubelajar.kemdikbud.go.id.

Kepala SMPN 9 Surakarta, Diah Pitaloka Handriani, S.Pd., M.Pd. merasa senang atas semangat para guru SMP N 9 Surakarta untuk mengikuti Bimtek AKM, Rabu  (3/2/2021).

Siti Maryani, Waka Kesiswaan SMPN 9 Surakarta dalam rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Peserta yang bisa mendaftar AKM adalah guru, kepala sekolah, pengawas (SD, SMP, SMA, dan PKBM Sederajat).

AKM dirancang untuk mengukur capaian Peserta Didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.

Menurut Siti Maryani, terdapat tiga  kompetensi yang dinilai, yaitu keterampilan berpikir logis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan, dan keterampilan mengolah informasi.

“Kegiatan Guru SMP Negeri 9 Surakarta ini sangat didukung oleh Kepala Sekolah, Diah Pitaloka Handriani, M.Pd. untuk selalu mengikuti Diklat atau Bimtek yang diselenggarakan oleh Kemdikbud karena sangat bermanfaa,” papar Siti Maryani.

“Terdapat beberapa manfaat mengikuti Bimtek ini, yakni meningkatkan kompetensi guru, belajar AKM jadi lebih mudah, mendapatkan sertifikat Bimtek 32 jam, dan bagi guru honorer akan lebih mudah lolos PPPK,” tambahnya.

Kemendikbud membuka jadwal  pendaftaran Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mulai hari Selasa, tanggal 22 Desember 2020 – 23 Februari 2021.

“Pendaftaran Bimtek berdasarkan  berdasarkan tahap  angkatan 1 dan angkatan 2. Semula angkatan 1 diawali tanggal 1 – 5 Januari 2021 diubah menjadi tanggal 4 Januari 2021. Sedangkan angkatan 2 dimulai tanggal 9 – 13 Januari 2021,” jelas Siti Maryani.

Setelah menyelesaikan tahap 1 Bimtek dengan nilai minimal 70 dilanjutkan dengan tahap 2 yaitu Pengimbasan. Pengimbasan untuk semua angkatan akan dilakukan pada tanggal 9 Januari – 24 Februari 2021.

Sebelum mendaftar Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), sebagian Guru SMP  Negeri 9 Surakarta sudah mempunyai akun sim pkb ini juga sudah banyak yang mengikuti program belajar sebelumnya.

Diharapkan semua peserta untuk bisa melanjutkan mendaftarkan Bimtek selanjutnya yaitu seri Pendidikan Keterampilan Hidup yang sudah dimulai bulan Januari 2021.

Sesuai penjelasan dari akun Instagram Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, kemdikbud, Jumat (23/10/2020), AKM merupakan penilaian kompetensi dasar  yang diperlukan semua murid agar mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

“Harapannya jika nanti AKM sudah digunakan kurikulum mau diganti atau tidak, guru tetap menjadi sutradara di kelas yang bisa mengantarkan pembelajaran menuju kearah tersebut. Semangat untuk Guru!” tukas Siti Maryani. Fadhiya

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com