JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Mohammad Saleh Terpilih secara Aklamasi Pimpin Judo Jateng Gantikan Yoyok Sukawi

Muhammad Saleh (Tengah) usai terpilih sebagai Ketua Umum PJSI Jateng secara aklamasi. Foto: istimewa
   

 

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM -Mohammad Saleh terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Propinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jawa Tengah periode 2021-2024 dalam Musyawarah Propinsi (Musprov) PJSI Jateng, Senin (8/2/2021).

Ketua tim penjaringan Ketua Umum PJSI Jateng, Agus Purwanto, menyampaikan Muhammad Saleh terpilih setelah melalui proses penjaringan dan penyaringan sebagaimana yang diatur dalam anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART) cabang olahraga bela diri ini.

“Proses penjaringan bakal calon sudah dimulai sejak Maret 2020. Namun karena pandemi, maka agak tertunda. Sehingga pengurus memperpanjang masa pendaftaran,” kata Agus.

Menurutnya, selama pendaftaran dibuka hanya Muhammad  Saleh yang mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran. Sebenarnya ada beberapa tokoh yang berniat juga ikut bursa pencalonan. Namun, hanya melakukan pendekatan ke pengurus kabupaten dan kota, dan tidak sampai ke pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran.

Setelah melalui rangkaian sidang pleno akhirnya tim penjaringan calon ketua umum PJSI Jawa Tengah membacakan hasilnya dimana hanya terdapat satu calon ketua umum. Karena cuma satu nama, maka menurut AD/ART dan tata tertib Musprov, maka Mohammad Saleh bisa disepakati sebagai calon tunggal.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Seluruh peserta musprov baik yg hadir virtual dari kabupaten/kota maupun yang hadir secara langsung pun menyetujui. Ada optimisme dari pengurus kabupaten/kota terhadap Muhammad Saleh. Pada saat pencalonan saja, 12 dari 17 pengkab dan pengkot sudah memberikan dukungan secara tertulis.

Agus menuturkan, Saleh sarat pengalaman di organisasi, baik di organisasi bidang olahraga maupun kemasyarakatan. Hal itu merupakan modal utama ketua umum untuk mengelola organisasi keolahragaan. Selain itu, M Saleh dinilai masih muda dan memiliki semangat untuk memajukan judo Jateng.

“Beliau punya komitmen, kemampuan, dan kemauan untuk mengelola PJSI Jateng ini. Sosok yang muda dan milenial. Saya kira juga punya semangat tinggi, spirit positif. Bisa diajak memajukan judo. Kami sangat optimis,” ujarnya.

Musprov PJSI Jateng digelar di Hotel Normans Semarang pada Senin (8/2/2021). Turut adir pula Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Subroto. Acara yang dihadiri peserta lain secara virtual itu dibuka oleh Ketua Umum PB PJSI Jenderal TNI (Purn) Mulyono, yang tak lain mantan KASAD TNI.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Ketua Umum PB PJSI meminta seluruh jajaran PJSI Jawa Tengah hasil musyawarah provinsi agar dapat terus mengembangkan olahraga judo di Jawa Tengah, ke depannya.

“Even-even olahraga baik lokal, propinsi, nasional maupun internasional diharapkan bisa diikuti oleh para atlet Jawa Tengah dan bisa meraih prestasi,” harapnya.

Mohammad Saleh menggantikan posisi Yoyok Sukawi, Ketua PJSI Jateng sebelumnya. “Terima kasih telah mempercayakan ini kepada saya. Insya Allah dengan komitmen semua pengurus, kita bisa membawa olahraga Judo Jateng berprestasi ke level yang lebih tinggi lagi, di tingkat nasional,” ujar Saleh, yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jateng.

Sementara itu, Muhammad Ghani Hidayatullah, salah satu atlet bela diri Provinsi Jateng, mengaku ikut bangga atas terpilihnya Saleh sebagai Ketua Umum PJSI Jateng. “Saya kenal siapa Bang Saleh. Beliau tipikal orang yang ngajeni, ngopeni, lan ngayomi. Semoga terpilihnya beliau menjadi sinyal positif bagi kebangkitan olahraga Judo di Provinsi Jateng, serta nasional,” tandasnya.(ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com