JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Serunya Menyusuri Goa Kiskendo Kulon Progo. Sejarah Subali-Sugriwa, Pertapaan hingga Padasan Awet Muda jadi Pesona

Gerbang masuk Goa Kiskendom yang terletak di Jalan Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo,Kulon Progo. JSnews/Kiki DS
Gerbang masuk Goa Kiskendo yang terletak di Jalan Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo,Kulon Progo.
JSnews/Kiki DS

Demam rekreasi sambil kuliner di kafe atau restoran tengah sawah sedang populer saat ini, termasuk di kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, realita ini tak menggoyahkan daya tarik keindahan wisata alami yang banyak tersembunyi di kabupaten ini. Salah satunya adalah Goa Kiskendo.

Goa Kiskendo ini berlokasi di  Jalan Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo,Kulon Progo. Berbatasan dengan kabupaten Purworejo. Untuk naik ke sana, jalannya cukup berliku dan menanjak, namun ini akan terbayar dengan setiap keindahan dan pesona ketika sampai kawasan obyek wisata tersebut.

Berada di perbukitan Menoreh, luas keseluruhan obyek wisata Goa Kiskendo ini capai 5  hektar. Dari depan sebuah gerbang bertuliskan Goa Kiskendo akan menyambut, selanjutnya hanya tinggal membayar tiket masuk @Rp 6000 per orang. Menuruni anak tangga menuju ke area taman, beragam bunga terlihat semarak, sementara dua ekor monyet lucu bak mini zoo melengkapi wisata tersebut. Udara yang sejuk, semilir angin membuat betah berada di sini.

Pintu Masuk sebelum menuruni Goa Kiskendo.
Jsnews/Kiki DS

Tak cukup lama, sampailah di mulut Goa Kiskendo. Sejumlah pemandu susur goa biasanya sudah siap membantu bila diperlukan jasanya, sementara para pedagang minuman dan jajanan khas Kulon Progo yakni Geblek sudah menunggu penyantapnya.

Advertisement
Baca Juga :  Sangkring Art Space Yogyakarta, Menilik Karya Seni Anak Bangsa

Menurut   Adi Slamet, yang biasa disapa mbah Adi   salah satu pemandu susur gua,  dan termasuk dituakan oleh para pemandu susur lainnya, Goa Kiskendo ini benar-benar  goa alami yang ditemukan dan memiliki sejarah begitu unik. Sejarah ini juga tertuang dalam relief di dinding goa bagian depan, menceritakan tentang pertempuran Subali-  Sugriwa manusia kera melawan raksasa Mahesa Suro berkepala kerbau dan Lembu Suro yang berkepala sapi pemilik kerajaan (Goa) Kiskendo itu.

Salah satu lorong menyusuri Goa Kiskendo. Harus hati-hati saat masuk, karena licin dan tidak begitu banyak cahaya
JSnews/Kiki DS

Ikhwal sejarah yang lekat dengan legenda pewayangan Subali Sugriwa tersebut, menurut mbah Adi tak lepas pula dari jati diri manusia kala itu terkait keyakinannya dan jalan kehidupan yang ditempuh.

“Alam, bagi para sesepuh meninggalkan cerita, bahwa dalam goa sejak dulu kala telah ditemukan untuk keprihatinan dalam hal ini kegiatan bersemedi. Mencari ketenangan,”terangnya tatkala ditemui Joglosemarnews, belum lama ini.

Baca Juga :  Gegara Sopir Ngantuk, Avanza Berpenumpang 7 Orang Nyungsep di Gunungkidul

Hal ini tertuang jelas dalam jejak jalur (rute) di dalam goa yang menunjukkan ada 9 titik pertapaan dan biasanya dipakai untuk bertapa atau semedi. Bahkan sampai saat ini masih banyak orang bersemedi di dalamnya, sebagai bagian dari nguri-nguri kejawen. Kesembilan pertapaan itu yakni  Pertapaan Spranji, Pertapaan Tledek, Pertapaan Kusuman, Pertapaan Santri Tani, Pertapaan Semelong, Pertapaan Padasan, Pertapaan Seterbang, Pertapaan Lumbung Kampek dan Pertapaan Sekadang. Dari rute itu ada dua pertigaan yang dapat menjadi perhentian sementara ketika kita kelelahan di dalam goa. Tak jarang ditemukan beberapa pengunjung mengabadikan dirinya di lokasi ini.

Seorang pengunjung berfoto di dalam goa meski dengan bantuan pemandu susur goa.
JsNews/Kiki DS

Goa ini sepanjang 760 meter dengan ketinggian mulai 11 meter, bahkan ada yang sampai 22 meter. Tuntunan tangga buatan , temaram lampu dan jalan setapak akan memudahkan mengeskplor goa yang ditemukan pada tahun 1850 ini. Konon  penemu goa ini bernama mbah Gondorio, ia lah  sekaligus yang  babat alas membuka tempat tersebut untuk bisa dikunjungi.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua