JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Yuk, Usir Kejenuhan dengan Wisata Glamping di Bawah Kaki Merapi!

Suasana temaram malam di Illumina Glamping Jogja / tribunnews

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bermalam di kaki Gunung Merapi, tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Dengan pemandangan hijau berlatar kokohnya puncak Merapi serta suasana sejuk dan temaram, Illumina Glamping Jogja jadi satu tempat rekomendasi terbaik.

Nuansa pegunungan dan alam pedesaan memang menjadi tempat tujuan terbaik kala bervakansi.

Mendengar kicauan burung di waktu pagi, sambil menikmati menyembulnya matahari secara perlahan, sejenak akan mengurangi penat dari rutinitas sehari-hari.

Pemandangan dan situasi itu jadi pilihan Raka Permana (27) asal Kebumen saat menginap di Illumina Glamping Jogja.

Ia bersama puluhan teman lain, menghabiskan waktu dua malam di lokasi tersebut guna menyegarkan pikiran dan menghindar sejenak dari kejemuan kota.

Akhir pekan menjadi pilihan yang tepat dari mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta itu.

Selain karena jadwal kuliah yang kosong, akhir pekan dipilih agar suasana hati dan pikiran kembali baik untuk memulai aktivitas di awal pekan.

“Saya pikir ini lokasi yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Selain harga yang cukup terjangkau lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Sangat cocok bagi keluarga dan komunitas,” kata Raka.

Baca Juga :  72 Pelaku Usaha di Yogya Diketahui Langgar PPKM Mikro

Illumina Glamping Jogja merupakan lokasi wisata yang dikonsep dengan cara Glamour Camping atau Glamping sambil menikmati liburan dengan suasana alam terbuka di daerah dataran tinggi Kaliurang, tepatnya di Le Jardin, Tunggularum, Wono Kerto, Turi, Sleman.

Pengunjung ditawarkan wisata berkemah eksklusif dengan cara yang berbeda.

“Kami memadukan konsep hunian hotel dan juga kemping. Di dalam tenda sudah kita siapkan sejumlah fasilitas yang cukup memadai dan juga nyaman,” kata Diaz Kaslina, pengelola Illumina Glamping Jogja.

Pihaknya menawarkan dua kelas yakni standar dan juga VIP.

Pada kelas standar fasilitas yang disediakan berupa tempat tidur, selimut, dan juga bantal, sementara pada VIP ada tambahan fasilitas berupa TV dan AC.

Ada lima tenda besar yang disiapkan di lokasi dengan kapasitas standar mampu memuat sebanyak 6-8 orang dewasa, sementara pada kelas VIP dengan jumlah maksimal sejumlah tiga orang dewasa.

Diaz menerangkan, lokasi tersebut dipilih karena pihaknya ingin kembali mengangkat potensi wisata yang terdapat di daerah itu.

Pasalnya pada saat bencana Merapi beberapa tahun lalu, potensi tempat itu menjadi tertutup.

Baca Juga :  Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Geledah Lagi 2 Lokasi  Ini

Di sekitar lokasi juga terdapat beberapa lokasi wisata lain seperti Goa Semar, Bunker Tunggul Arum, dan juga kawasan wisata agro farming.

Pihaknya juga tidak punya target khusus pada wisatawan yang akan digaet.

Namun dari sejumlah pengunjung yang pernah bervakansi sebagian besar merupakan dari wisatawan lokal.

“70 persen domestik Jogja sedangkan sisanya dari berbagai tempat seperti Jakarta, Bandung, dan juga wisatawan mancanegara,” kata Diaz.

Selain itu, pihaknya juga melayani Mobile Glamping sesuai dengan lokasi permintaan pengunjung.

Mobile Glamping merupakan upaya yang menyediakan akomodasi di sejumlah tempat wisata seperti Sermo, Puncak Becici, ataupun Klangon dan menawarkan pilihan menikmati suasana di tempat itu tanpa menginap.

Ada pula sejumlah fasilitas lain dan juga kegiatan seperti Glamping Corporate Gathering, Fun Games and Outbond dan Social Event.

Adapun harga yang ditawarkan yakni senilai Rp 900.000 per tenda pada fasilitas VIP, sementara untuk fasilitas standar dipatok seharga Rp 150.000 per orang.

Pengunjung yang berminat dapat melakukan reservasi dengan menghubungi pengelola via WhatsApp, website atau pula lewat aplikasi sosial media.

www.tribunnews.com