JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

7 Cara Membersihkan Lalapan Segar Sebelum Dimakan

Ilustrasi sayur dan buah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Lalapan adalah sayuran yang dimakan tanpa dimasak atau dalam kondisi mentah. Ada banyak sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan, diantaranya kol, selada, tomat dan lain sebagainya.

Lalapan banyak ditemui dalam menu khas di Indonesia, hal ini juga populer di Jepang yang dikenal dengan istilah namasu. Perbedaannya terletak jenis makanan yang dimakan.

Lalapan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia berjenis sayur-sayuran hijau, biasanya dikombinasikan dengan sambal sedangkan namasu sendiri memakan sayur dan ikan mentah yang telah dipotong tipis dengan mencelupkannya dalam saus cuka, biasanya ditemani dengan kecap shoyu dan wasabi.

Kebiasaan namasu pada masyarakat Jepang tidak perlu dikhawatirkan sebab di negara maju seperti Jepang memiliki lingkungan yang sehat, proses sterilisasi makanan yang terjamin juga standar kebersihannya yang baik.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan untuk kebersihan lalapan yang akan dikonsumsi sebagai berikut:

Mencuci Dengan Air Mengalir
Sebagai pengangkat residu dan masalah-masalah kotoran yang menempel dipermukaan lalaban, peran air termasuk sangat penting sekali. Pastikan penggunaan airnya bersih dan mengalir supaya bagian lalaban yang sudah dibersihkan tidak kembali terkontaminasi dengan air yang sudah terpakai dimana kondisinya sudah tercemar.

Bersihkan Tangan Terlebih dahulu.
Membersihkan tangan sebelum mencuci lalaban juga termasuk dalam hal yang dianjurkankan untuk menghindari terkontaminasinya lalaban yang sudah dibersihkan.

Gunakan Larutan Garam
Terkenal ampuh merontokkan residu dan pestisida pada permukaan sayur dan buah, garam memiliki kandungan senyawa aktif Nacl yang sering menjadi bahan alami untuk sebagai komponen desinfektan.

Gunakan Larutan Asam Sitrat
Asam sitrat memiliki ph keasaman di atas 7, di mana hal tersebut membuat senyawa ini sangat bagus sebagai larutan antimikroba.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Menggunakan Tambahan Baking Soda
Jurnal dari Agriculture and Food Chemistry yang meneliti penggunaan air soda kue, mengungkapkan bahwa dibandingkan air keran dan cairan pemutih, soda kue terbukti paling efektif membersihkan buah dan sayur dari residu pestisida.

Gunakan Sabun Khusus Pembersih Sayur
Untuk dapatkan hasil yang maksimal bisa dengan melakukan pencucian dengan sabun, jangan sampai salah pilih sembrang produk sabun malah bisa memnyebabkan hal buruk lainnya.

Gosok Bagian Sayur dan Buah
Menggosok dapat membantu melepaskan residu atau kotoran yang menempel pada sayuran untuk lalapan, karena jika hanya mengandalkan air mengalir dikhawatirkan masih ada yang menempel dan tersisa di dekat lalapan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com