JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diwarnai Keharuan, Kepala Dispendukcapil Sragen Wahyu L Wiyanto Resmi Akhiri Masa Tugas. Pegawai Merasa Kehilangan, Kenang Sosok Luar Biasa yang Selalu Ngayomi dan Telorkan 11 Inovasi

Kepala Dispendukcapil Sragen, Haryatno Wahyu L Wiyanto saat pamitan kepada jajaran pegawainya, Rabu (31/3/2021). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suasana haru mewarnai acara lepas sambut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen, Rabu (31/3/2021).

Kepala Dinas, Haryatno Wahyu L Wiyanto resmi akan mengakhiri masa tugasnya per 1 April 2021 besok. Sebagai bentuk penghormatan, digelar acara pelepasan purna tugas dan pisah sambut di halaman belakang kantor tersebut tadi siang.

Acara yang digelar sederhana itu dihadiri semua jajaran pegawai di lingkungan dinas tersebut. Sang Kepala Dinas hadir bersama sang istri.

Suasana haru langsung menyeruak manakala Pak Wahyu, begitu sapaan akrabnya, didaulat memberikan kata terakhirnya di hadapan para pegawai.

Sebagian bahkan tak kuasa menitikkan air mata. Rasa kehilangan dan sedih begitu terlihat. Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab Wahyu terbilang cukup lama menjabat yakni 7 tahun 25 hari di Dispendukcapil.

Tidak hanya itu, sosoknya yang begitu dekat dengan anak buah serta jiwa ngayomi yang melekat, membuatnya sangat dicintai anak buahnya.

“Yang jelas kami bangga. Beliau sosok pimpinan yang luar biasa. Sosok yang ngayomi dan ngayemi, menjadikan semua pegawai seperti sebuah keluarga besar, jadi pegawai bekerja juga nyaman,” ujar Sekdin Wahana Wijayanto, ditemui di sela acara.

Baca Juga :  Innalillahi, Usai Salat Idul Fitri, Petani di Ngrampal Sragen Ditemukan Tewas Kesetrum Jebakan Tikus di Sawahnya. Ada Temuan Luka Bakar

Tak hanya dari pembawaan yang supel dan ngayomi, selama hampir 7 tahun 25 hari menahkodai Dispendukcapil, Pak Wahyu juga mencatatkan rekam jejak mengesankan.

Wahana mencatat ada 11 inovasi dalam hal pelayanan di Dispendukcapil. Bahkan jika dirata-rata, hampir setiap tahun tak pernah absen untuk menelorkan inovasi.

Di antaranya Pelanduk, Si Anton, dan lainnya yang semuanya merupakan improvisasi untuk kemudahan pelayanan administrasi kependudukan.

“Tradisi untuk terus memberikan layanan terbaik dan menciptakan inovasi itu yang selalu dijaga dan ditanamkan kepada anak buah. Beliau selalu memberi ruang memberi pegawai untuk melakukan inovasi. Makanya kami melibat beliau sosok luar biasa,” terang Wahana.

IMG 20210331 WA0032
Haryatno Wahyu L Wiyanto saat memberikan kesan pesannya. Foto/Wardoyo

Kedekatan Wahyu dengan semua pegawai tanpa membedakan posisi dan pangkat, selama ini juga menumbuhkan semangat kekeluargaan.

Tak ayal, saat perpisahan tadi siang, hampir semua pegawai merasa terharu. Mereka tak menyangka bakal ditinggalkan sosok pimpinan yang begitu mereka segani.

Baca Juga :  Musnahkan Virus Corona, 900 Los dan Kios di Pasar Kota Sragen Disemprot Massal Malam Ini. Sebanyak 12 Petugas Dikerahkan

Selain itu, Pak Wahyu juga dikenal memiliki spirit tinggi dalam menjalankan tugasnya. Hal itu ditunjukkan dengan kekuatan dan semangatnya untuk melakukan koordinasi dengan provinsi maupun pusat terutama menyangkut hal-hal krusial untuk publik.

Salah satunya ketika dilanda kekosongan blangko E-KTP, Pak Wahyu berulangkali mengejar sampai ke Kemendagri demi bisa mendapatkan tambahan pasokan blangko untuk Sragen.

“Ya nggak nyangka begitu cepat beliau purba. Selama ini beliau juga sosok yang terbuka dengan siapapun. Semua tamu dari mulai tukang sepatu sampai AD 1 (Bupati) diterima dengan baik dan menghormati. Makanya kami merasa kehilangan. Beliau sudah mewarnai nasional,” imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan SDM (BKPSDM) Sragen, Sutrisna mengatakan Kepala Dispendukcapil, Wahyu L Wiyanto memang akan mengakhiri masa tugasnya per 1 April 2021 besok.

Selanjutnya untuk tugas Kepala Dispendukcapil akan dijabat oleh Kepala Disperkim, Raden Suparwoto sebagai Pelaksana Tugas (PLt). Wardoyo