JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Habib Hasan Mulachela Meninggal: Sosok Sinterklas Berpeci Putih yang Dermawan Itu Kini Telah Berpulang

Habib Hasan Mulachela (kiri) saat berfoto dengan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Foto: Joglosemarnews

JOGLOSEMARNEWS.COM Sosok ulama dan tokoh masyarakat asal Kota Solo, Habib Hasan Mulachela meninggal dunia, Jumat (12/3/2021) pagi ini. Beliau meninggal dunia di usia 63 tahun.

Semasa hidupnya, Habib Hasan dikenal sebagai sosok yang menginspirasi atas kedermawanannya. Termasuk dalam setahun terakhir, saat pandemi Covid-19 melanda negeri ini.

Tak hanya membagikan bantuan berupa sembako dan uang tunai, beliau juga memberikan minuman kesehatan yang dapat meningkatkan imunitas untuk menangkal virus corona.

Sasarannya pun tak melulu masyarakat miskin. Kepeduliannya terhadap sesama telah lintas agama dan golongan. Termasuk kalangan Nasrani, hingga wartawan.

“Bumi serta isinya termasuk kita itu milik Allah. Sehingga toleransi memang harus dilakukannya dan wajib saling tolong menolong sebagai manusia mahkluk Allah,” pesan Habib Hasan saat komunitas remaja Gereja El Shaddai hendak merayakan Natal di kafe miliknya di kawasan Pasar Kliwon, pada 13 Desember 2020.

Di masa pandemi Covid-19, Habib Hasan juga kerap turun langsung ke masyarakat untuk berbagi sekaligus mengedukasi tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Ibu Muda Pemilik Warkop di Nusukan Solo Diamankan Polisi, Ternyata Selain Jual Kopi Juga Sediakan Miras

Seperti saat beliau membagikan bantuan sembako dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Oktober 2020. Kala itu, beliau berkeliling di jalanan Kota Solo untuk membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa, pengemudi becak, hingga pengemis.

Namun ada syarat khusus bagi mereka yang hendak ia berikan bantuan, yakni harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak mau maka tidak akan mendapat bantuan paket sembako.

Tak hanya kepada kaum dhuafa, Habib Hasan yang dekat dengan Komjen Listyo Sigit Prabowo semasa masih menjabat Kapolresta Solo ini, juga sempat memberikan perhatiannya kepada kalangan wartawan.

Beliau bahkan datang langsung ke tempat di mana para awak media biasa berkumpul di Kota Solo hanya untuk mengantarkan minuman kesehatan agar para pekerja media dapat selalu sehat dalam bertugas.

Baca Juga :  Sepekan Penyekatan, Polresta Solo Putar Balik 273 Kendaraan

Mantan anggota DPRD Kota Solo juga dikenal rela menolong tanpa melihat latar belakang keagamaan seseorang. Salah satunya saat beliau mengunjungi warga Kampung Debegan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, menjelang perayaan Natal tahun lalu.

Beliau yang tak lagi muda, rela turun langsung mengetuk pintu rumah warga Kristiani untuk mengantarkan bantuan sembako. Tak heran jika dirinya pun menyandang julukan sebagai “Sinterklas Berpeci Putih”.

Habib Hasan Mulachela diketahui lahir di Kota Solo, pada 7 Juli 1957. Beliau dikabarkan meninggal dunia di Jakarta, pada Jumat (12/3/2021) pagi ini.

Kabar duka tersebut pertama kali disampaikan oleh salah seorang putrinya, Kareema Mulachela melalui pesan suara di aplikasi WhatsApp.

“Teman-teman, ayah sudah nggak ada. Habib Hasan meninggal dunia tadi sekitar pukul 06.56 WIB,” bunyi pesan tersebut.

Jenazah almarhum akan dibawa ke rumah duka di kawasan Pasar Kliwon, Solo, siang hari ini sebelum dimakamkan.