JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Innalillahi, Pemuka Agama Islam Keturunan Tionghoa Anton Medan Meninggal Dunia di Bogor. Dikabarkan karena Sakit

Pemuka agama Islam keturunan Tionghoa, Muhammad Ramdhan Effendi alias Anton Medan. Foto: Wikipedia

JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar duka datang dari Persatuan Islam Tionghoa (PITI), salah seorang tokohnya, Ramdhan Effendi atau yang lebih dikenal dengan nama Anton Medan, meninggal dunia, Senin (15/3/2021).

Kabar tersebut pertama diketahui dari pesan singkat yang telah tersebar luas dan telah dikonfirmasi oleh salah seorang anggota keluarga almarhum.

“Innalilahi wainailaihi roziun. Telah berpulang ke Rahmatullah. Pak Anton Medan. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT. Amin,” demikian tulis pesan yang beredar, seperti dikutip Liputan6.com.

Kabar duka itu juga sudah dikonfirmasi pihak keluarga melalui keponakannya, Ibrahim, yang membenarkan bahwa pemuka agama Islam keturunan Tionghoa itu telah tutup usia.

Baca Juga :  BMKG: Gempa Susulan Masih Berpotensi Terjadi di Nias Barat, Warga Diminta Waspada

Sementara itu, ditambahkan Ketua Umum PITI, Ipong Hembiring Putra, almarhum meninggal dunia di kediamannya yang berada di kawasan Cibinong, Bogor. “Beliau meninggal di rumahnya, di Cibinong,” kata Ipong.

Menurut Ipong, Anton Medan meninggal lantaran sakit stroke dan diabetes yang diidapnya.

Baca Juga :  Mengharukan Salat Idul Fitri di Tenda At Tabayyun Jakarta Barat, Pertama Kali dalam Sejarah 30 Tahun Kompleks Ini Berdiri

Anton Medan terlahir dengan nama Tan Hok Liang, pada 10 Oktober 1957 di Tebing Tinggi, Sumatera Utara.

Sebelum dikenal sebagai tokoh pemuka agama Islam, beliau sempat terjerumus dalam dunia gelap dan terlibat dalam kasus perampokan serta perjudian.

Ia kemudian insaf dan menjadi Muslim sejak 1992 dengan berganti nama menjadi Muhammad Ramdhan Effendi. Liputan 6