JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira! Lulusan SMA Mulai Bisa Daftar Taruna Akpol 2021, Ini Syarat-syaratnya

akpol.polri.go.id
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar gembira bagi para lulusan SMA. Pendaftaran Taruna Akpol atau Akademi Polisi sudah dibuka mulai dari 19 Maret- 1 April 2021.

Rekrutmen itu nantinya akan menjadikan calon peserta menjadi Perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Dalam rekrutmen kali ini, Polri akan menerima 175 peserta, dengan 145 orang kuota laki-laki dan 30 perempuan.

Pendidikan ini nantinya akan dilaksanakan selama 4 tahun, dimulai pada 6 Agustus 2021. Untuk tempat melaksanakan pendidikan adalah Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Adapun persyaratan umum yang diminta ialah, peserta harus bagian dari warga Negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, berumur paling rendah 18 tahun saat dilantik menjadi anggota Polri, tidak pernah dipidana, berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Sedangkan beberapa persyaratan khusunya ialah calon anggota, baik pria dan wanita, bukan kesatuan anggota atau mantan anggota Polri ataupun TNI.

Tak hanya itu, calon anggota juga bagian dari PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri dan TNI.

Untuk pendaftaran, peserta memiliki umur minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

Sedangkan untuk tinggi badan, pria harus memiliki tinggi 165 cm dan wanita 163 cm.

Selain itu, peserta belum pernah menikah secara hukum positif, agama ataupun adat. Selain itu peserta tidak mengandung ataupun memiliki anak biologis dan sanggup tidak menikah ketika pendidikan sedang berlangsung.

Peserta juga wajib menunjukkan nilai rata-rata Ujian Nasional dan rapor. Untuk peserta yang tamat pada 2016-2019 harus memiliki nilai rata-rata UN 60,00.

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

Sedangkan untuk tahun 2020 menunjukkan rata-rata nilai rapor dengan rata-rata minimal 70,00. Sedangkan untuk tahun 2021 akan ditentukan setelah berakhirnya masa pembelajaran.

Penilain rata-rata nilai UN dan rapor, memiliki perbedaan untuk daerah Papua dan Papua Barat.

Bagi peserta yang tamat pada 2016-2018 harus memiliki nilai rata-rata UN minimal 60,00.

Sedangkan, tahun 2019 memiliki nilai minimal 55,00. Untuk angkatan tahun 2020 memiliki nilai rata-rata rapor minimal 65,00. Sedangkan untuk angkatan 2021 masih akan ditentukan standarnya setelah berakhirnya tahun ajaran 2020-2021.

Untuk informasi persyaratan dan alur pendaftaran Taruna Akpol dapat mengunjungi website penerimaan.polri.go.id, lalu memilih menu selengkapnya. Sedangkan untuk pendaftaran masih dengan link yang sama, namun peserta bisa mengunjungi menu daftar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com