JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ada Larangan Mudik Lebaran, 2 Bandara Baru di Jateng Batal Layani Pemudik Tahun Ini. Pembangunan Tetap Dilanjutkan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Jawa Tengah yang hendak mudik ke kampung halaman pada libur Lebaran tahun ini sedianya sudah dapat menikmati dua bandara baru, yakni Bandara Ngloram di Blora dan Bandara Jenderal Sudirman di Purbalingga.

Namun lantaran pemerintah telah memutuskan untuk meniadakan mudik Lebaran tahun ini, maka kedua bandara baru itu pun dipastikan batal melayani pemudik pada tahun ini.

“Sebenarnya waktu itu rencananya memang dipakai untuk mudik. Tapi karena keputusan tidak mudik, ya sudah pembangunannya diteruskan saja,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (6/4/2021).

Disampaikan Ganjar, progres pembangunan kedua bandara tersebut sejauh ini masih berjalan baik dan sudah berhasil dilakukan uji coba pendaratan pesawat. Bahkan, Ganjar sudah mencoba sendiri fasilitas di Bandara Ngloram.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

“Kemarin di Jenderal Sudirman Purbalingga, Citilink sudah mendarat, semua pendaratannya bagus. Dari fisibilitas dan teknisnya, keduanya sudah diuji coba dan dua-duanya bagus. Tapi yang di Jenderal Sudirman saya belum coba,” lanjut Ganjar seperti dikutip dari laman Jatengprov.go.id.

Ganjar pun mengungkapkan, besarnya dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat terhadap pembangunan kedua bandara tersebut sebagai alternatif transportasi.

“Contohnya Bandara Jenderal Sudirman, itu awalnya Bupati Banyumas yang punya semangat. Kemudian kerja sama antara Bupati Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Kebumen, Banjarnegara dan lainnya terbentuk. Dan semuanya bareng-bareng sepakat. Semangat dari kawan-kawan di daerah sangat bagus, semuanya suport,” ungkap Ganjar.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

Sementara dalam hal proses pembangunan, kedua bandara baru tersebut telah menyelesaikan pengerjaan landasan pacu. Namun untuk sejumlah bangunan pendukung lainnya masih dalam tahap penyelesaian.

“Waktu itu rencananya dipakai pada mudik ini. Kalau jadi terminal dan sebagainya kan bisa dipakai darurat. Intinya kami sudah komunikasi dengan Kemenhub dan menyiapkan, apakah kita jadi pakai di lebaran atau tidak. Tapi, rasa-rasanya belum dipakai,” pungkas Ganjar. (Vidya P)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com