JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, KSAL Sebut Cadangan Oksigen Bisa Bertahan 3 Hari

Kapal selam KRI Nanggala-402. Foto: Dok. Tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Pulau Bali pada Rabu (21/4/2021) dini hari, hingga kini masih terus dilakukan.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan, kapal selam tersebut memiliki cadangan oksigen yang bisa bertahan hingga 72 jam atau tiga hari.

“Kemampuan oksigen KRI apabila kondisi blackout seperti sekarang ini, itu mampu 72 jam, jadi kurang lebih 3 hari,” kata Yudo dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Berdasarkan informasi itu, jika memperhitungkan sejak saat kapal selam hilang kontak pada Rabu dini hari pukul 03.00 WITA, maka diperkirakan cadangan oksigen di dalam KRI Nanggala-402 bisa bertahan hingga Sabtu (24/4/2021) dini hari pukul 03.00 WITA.

Baca Juga :  Tim Hukum Ganjar-Mahfud Serahkan Kesimpulan ke MK, Ini 5 Pelanggaran Fatal dalam Pilpres 2024

“Mudah-mudahan sebelum ini dapat segera ditemukan, sehingga cadangan oksigen masih ada,” ujar Yudo.

Lebih lanjut, KSAL juga menjelaskan bahwa saat hilang kontak, KRI Nanggala-402 tengah menjalani misi latihan penembakan rudal D802 dan torpedo. Latihan itu sebagai bagian dari program pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI AL. Ia pun menegaskan seluruh prosedur telah dipenuhi dalam latihan ini.

Hingga pukul 03.30 WITA, Yudo mengatakan geladak haluan dan turning tower KRI Nanggala-402 masih terlihat. Pada 03.46 WITA, kapal selam buatan Jerman itu mulai menyelam dan tak terlihat untuk pelaksanaan tembakan torpedo.

Baca Juga :  Pakar: Ekskalasi Konflik Iran-Israel Berpotensi Picu Inflasi

“Harusnya pada saat penembakan tadi mereka minta otorisasi akan melaksanakan penembakan. Namun demikian, begitu akan diberikan otorisasi dipanggil-panggil sudah tidak merespon,” kata Yudo.

Pukul 04.17 WITA, tim kemudian menerbangkan helikopter dari KRI terdekat untuk melihat kondisi KRI Nanggala di sekitar perairan Bali. Namun tak ada yang terlihat oleh helikopter. Bahkan hingga pukul 05.15 WITA, saat KRI Nanggala-402 dijadwalkan kembali muncul ke permukaan usai latihan penembakan rudal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com