JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Kerjasama Dengan PT Sritex, Polhas Dukung Program Kerja Sambil Kuliah

Launching Politeknik Harapan Bangsa Surakarta (Polhas). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Politeknik Harapan Bangsa Surakarta (Polhas) bekerjasama dengan PT Sritex mendukung program kuliah sambil kerja.

Polhas ditetapkan dengan SK Kemendikbud RI nomor 032/D/T/2021 tanggal 1 Maret 2021  merupakan hasil penggabungan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Harapan Bangsa Surakarta dan Akademi Bahasa Asing (ABA) Harapan Bangsa Surakarta yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Surakarta (PHBS).

Ketua Yayasan PHBS, Drs Joko Sutrisno mengatakan, selain dengan PT Sritex, Polhas siap untuk bekerjasama dengan semua pihak.

“Untuk saat ini, kami bekerja sama dengan PT Sritex dalam  rangka mendukung program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk kuliah sambil bekerja. Selain itu juga membantu kalangan siswa kurang mampu agar tetap dapat mengenyam pendidikan tinggi,” ujarnya, Senin (12/4/2021).

Polhas mempunyai tiga program studi yaitu Manajemen Informatika, Bahasa Inggris, Bisnis dan Manajemen Informasi Kesehatan yang merupakan program studi baru. Joko menambahkan, melalui program studi baru yang dan masih belum banyak dimiliki perguruan tinggi lain tersebut, diharapkan peluang lulusan Polhas terserap di dunia kerja lebih besar.

Sementara itu, launching Polhas bersamaan dengan peluncuran program Kerja Sambil Kuliah yang bekerjasama dengan Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Solo, Disnakerperin Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Solo dan PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), mempunyai visi sama dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran di Kota Solo. Bentuk kegiatan program bekerja sambil kuliah antara lain penempatan tenaga kerja melalui ikatan kerja sambil kuliah  di PT Sritex dan Polhas.

“Sekarang ini tengah dilakukan tahap seleksi terhadap 489 calon tenaga kerja PT Sritex sekaligus sebagai mahasiswa di Politeknik  Harapan Bangsa Surakarta. Program kerja sambil kuliah ini sekaligus juga merupakan launching perguruan tinggi Vokasi di Kota Solo, bernama Politeknik Harapan Bangsa Surakarta,” tukas Direktur Polhas Dr Eka Budhi Santosa ST MPd. Prihatsari