JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sari Noviatsih si Pemilik Usaha Kuliner Unik Enak nan Sehat Sudah Bikin 50 Lebih Beragam Makanan Bergizi dari Bahan Tak Terpakai, Ada Dendeng Jantung Pisang Keripik Pelepah Pisang dan Aneka Makanan Menarik Lainnya

Sari Noviatsih. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

IMG 20210405 072950 4
Sari Noviatsih. JOGLOSEMARNEWS.COM /Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Siapa tak kenal Sari Noviatsih, warga Dusun Batu Tengah RT 1 RW 10 Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Wonogiri ini sudah terkenal sangat piawai membuat aneka sajian unik enak dan sehat.

Mba Novi, sapaan akrabnya sukses menyulap bahan ‘sampah’ yang biasanya tidak dimanfaatkan, menjadi aneka kuliner maknyus menggugah selera. Ada-ada saja kreasi dari tangan cekatannya yang hampir semuanya sukses bikin publik melongo.

Ketika melihat kuliner unik hasil kreativitas pemilik usaha Mamuma Group tersebut, sering membuat kening orang mengernyit, bahkan geleng-geleng kepala lantaran tidak habis pikir. Namun selanjutnya ketika sudah mencicipinya bakal berubah menjadi ekspresi takjub dengan acungan jempol.

Ini sangat beralasan. Pasalnya bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kulinernya, aman dan sehat namun sangat tidak lazim dan tak pernah terlintas sedikitpun di kepala.

Baca Juga :  Perantau Wonogiri Diprediksi Tetap Pulang Kampung Meskipun Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Supaya Tidak Melanggar Begini Cara Menyiasatinya

Misalnya keripik pelepah pisang yang benar-benar dibuat dari pelepah pisang. Di tangannya, pelepah pisang dibuat keripik yang gurih bertekstur serat mudah patah. Digigitpun, langsung terasa renyah kremes. Kendati untuk menciptakannya perlu perjuangan cukup lama.

Atau dendeng jantung pisang. Ini juga terbuat dari jantung pisang betulan. Atau kulit buah naga, keripik kulit singkong, dan sejenisnya.

“Kalau produk intinya ada 50an jenis. Tapi jika ditambah produk pesanan lainnya, bisa 100 lebih,” ujar Mba Novi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di kediamannya, Senin (5/4/2021).

Produk yang menjadi andalan di antaranya dendeng jantung pisang, keripik bunga pisang, keripik pelepah pisang, keripik bawang bombay, burger gendar, dan lainnya. Ada juga mie kremes dari pepaya, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Tim Gabungan Gelar Razia di Rutan Kelas II B Wonogiri Dalam Rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan 2021, Petugas Temukan Korek Api Pisau Cukur Hingga Uang Tunai

Untuk pemasaran ada yang secara langsung alias offline. Namun banyak juga yang memesan secara online. Jaringan reseller hingga kini sudah menyebar di tanah air.

Seperti diketahui, Sari Noviatsih terkenal mahir mengolah makanan dari kulit pisang, kulit singkong, daun beluntas, kulit mentimun, maupun bunga pisang, dan bahan lainnya. Bahan baku yang dipakai murni lokal dan tidak menggunakan bahan pengawet. Dia mengandalkan teknik memasak bahan baku dicampur aneka bumbu hingga menghasilkan rasa yang pas. Ada sejumlah produk hasil karyanya. Seperti aneka abon, dendeng, aneka manisan, dan aneka sambal, keripik unik, dan aneka stik. Aria