JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Wilayah Tetangga Solo Masih Belum Aman, Gibran Akan Evaluasi Regulasi Mudik Lokal

Gibran Rakabuming Raka. Foto: Instagram/Pemkot_Solo
PPDB
PPDB
PPDB

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal melakukan evaluasi terhadap regulasi mudik lokal. Pasalnya, Gibran mempertimbangkan kasus covid-19 di sejumlah kabupaten di sekitar Kota Solo yang menunjukkan kenaikan.

Menurut Gibran, langkah tersebut akan ditegaskan dalam surat edaran (SE) terbaru tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang akan berakhir tanggal 3 Mei 2021 mendatang.

“Mudik lokal sejauh ini boleh. Tapi kita lihat lagi nanti, soalnya di kiri kanan kita (Solo) lagi naik kasusnya,” ujarnya, Rabu (28/4/2021).

Gibran menegaskan, beberapa kegiatan di Bulan Ramadan dan Lebaran memiliki potensi tinggi penyebaran covid-19. Diantaranya kegiatan halal bihalal, buka bersama, jamaah tarawih dan lainnya.

“Apalagi kalau buka bersama, saat semuanya membuka masker. Potensinya tinggi sekali itu. Ya pokoknya nanti kita tegaskan lagi, kita kurangi dulu. Kita besok juga tidak akan ada open house dulu. Aturan pastinya kita atur nanti di SE terbaru. Termasuk mudik loka,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gibran tidak mempermasalahkan mudik lokal di wilayah Soloraya. Namun seiring dengan peningkatan kasus covid-19 di beberapa kabupaten sekitar Solo, kebijakan tersebut bakal dievaluasi. Prihatsari