JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Blitar. Getarannya Terasa Sampai Bantul hingga Lombok

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 mengguncang wilayah Blitar dan sekitarnya pada Jumat (21/5/2021) malam sekitar pukul 19.09 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut bersumber di 57 kilometer arah Tenggara Blitar dengan kedalaman 110 kilometer.

Intensitas lindu terukur terkuat di Blitar. Guncangan yang dirasakan di wilayah itu terukur pada skala V MMI atau gempa sedang.

Baca Juga :  ICW Sebut, Tren Penindakan KPK Merosot Sejak Dipimpin Firli Bahuri

Pada Skala V MMI biasanya diidentikkan dengan getaran yang dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Menurut catatan BMKG, intensitas gempa pada skala ini juag ditandai dengan gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Terasa di Wilayah Lain

Baca Juga :  Anak Ridwan Kamil Hilang saat Berenang di Sungai Aare Swiss

Selain di Blitar, guncangan gempa juga terukur di Karangkates, Nganjuk, Lumajang, Tulungagung, dan Malang pada skala IV MMI atau gempa ringan. Pada skala yang lebih lemah, gempa yang sama juga bisa dirasakan di Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Pacitan, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua