JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Inovasi Pelayanan, Dishub Sragen Launching Aplikasi SIAP-LALIN. Mau Lapor Lampu PJU Mati atau Pohon Tumbang, Tinggal Klik Langsung Direspon!

Aplikasi SIAP-LALIN yang dilaunching Dishub Sragen, Rabu (9/6/2021). Foto/Wardoyo
PPDB
PPDB
PPDB

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen melaunching inovasi terbaru berupa Aplikasi SIAP-LALIN atau Sistem Informasi Aduan dan Penanganan Kelalulintasan, Rabu (9/6/2021).

Inovasi layanan berbasis teknologi digital itu diluncurkan untuk memudahkan masyarakat yang ingin melaporkan gangguan publik terkait pelayanan yang berada di bawah kewenangan Dishub.

Misalnya aduan soal lampu penerangan jalan umum (PJU) mati, pohon turus jalan tumbang dan gangguan lainnya. Peluncuran aplikasi itu digelar di Dishub dengan dihadiri jajaran terkait.

Kabid Lalulintas Dishub Sragen, Davit Hendrata aplikasi SIAP-LALIN itu digagas untuk mempermudah kinerja di bidang lalu lintas.

Selain memudahkan masyarakat menyalurkan aduannya, aplikasi itu juga didesain untuk mendukung kinerja petugas Dishub di lapangan.

“Selama ini orang yang nggak tahu kan ada lampu PJU matu lapornya ke kantor PU atau lingkungan hidup dan Perkim. Lalu ada mati lampu masyarakat tanyant lapor ke PLN. Padahal PJU penerangan jalan umum sudah di Dishub. Nah, dengan lewat aplikasi ini akan lebih mudah nanti layanan aduan itu bisa langsung disampaikan cukup lewat aplikasi SIAP-LALIN,” kata Davit Hendrata kepada wartawan.

Davit menguraikan pengunaan aplikasi itu didesain cukup mudah. Masyarakat pengguna Handphone (HP) Android bisa menginstal di Playstore dan isi data diri seperti nama dan nomor telpon atau email.

Setelah terinstal, masyarakat tinggal klik aplikasi lalu dikirim aduan disertai foto lewat aplikasi tersebut.

“Nanti kita sudah tahu titik koordinat mana dan kita juga ada tanda pelayanan langsung kita atasi. Setelah kita atasi kita akan balik melaporkan hasil penanganan tersebut terhadap pelapor,” bebernya.

Untuk memaksimalkan fungsi, ke depan pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak kepolisian khususnya di Satlantas.

Kerjasama dilakukan untuk mensinergikan dalam melakukan kegiatan penanganan bersama sehingga ketika ada aduan yang melibatkan lintas sektor bisa ditangani dan direspon bersama.

“Nanti ada group pelaksana jalan. Di situ dari PU, Dinas Perkim, LH, PLN, Telkom, Perhubungan. Di dalamnya nanti ada yang terkait dengan listrik dan jalan, tentang pelaksanaan jalan atau apa-apa. Nah dari embrio tersebut kita bisa mengedepankan lagi yaitu aplikasi yang mencakup semua misalkan dari penebangan pohon, mati lampu dan lainnya tapi itu perlu waktu yang panjang nanti bisa kita undang OPD terkait lewat forum lalu lintas. Artinya nanti satu aplikasi untuk bersama,” ujarnya. Wardoyo