JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Satgas Covid-19 Karanganyar Tutup Paksa Toserba Mitra. Berang Ada 1 Tukang Parkir Meninggal Positif dan Satu Kasir Terpapar, Masih Enak-Enakan Abai Prokes!

Kondisi Toserba Mitra Karanganyar yang ditutup paksa Satgas Covid-19, Kamis (17/6/2021). Foto/Wardoyo
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar bertindak tegas dengan menutup paksa toko swalayan Mitra di Jl Lawu, Karanganyar, Kamis (17/6/2021).

Keputusan itu dilakukan untuk melakukan sterilisasi menyusul temuan Seorang kasir di toserba itu terkonfirmasi positif Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Bahkan seorang juru parkir di toserba itu dikabarkan meninggal dunia juga komorbid pasien Covid-19.

Kepala Satpol PP Karanganyar Yophie Eko Jati Wibowo mengatakan penutupan toko akan berlangsung 24 jam sejak Kamis siang (17/6/2021).

Seharusnya tindakan ini dilakukan jauh-jauh hari usai kasir swalayan terkonfirmasi positif Covid-19. Namun tim Satgas baru saja mengetahuinya.

“Info kasir terkonfirmasi positif itu terlambat kami ketahui. Dia rapid tes mandiri pada 13 Juni setelah mengeluh sakit sehari sebelumnya. Sekarang sudah tanggal 17. Ada beberapa hari setelah itu, toko masih buka. Nah, saat ini ditutup dulu sambil membenahi protokol kesehatannya. Nanti jam 16.00 WIB akan dilakukan sterilisasi,” kata Yophie kepada wartawan usai menemui manajemen toko tersebut.

Yophie mengatakan dirinya bersama Kapolsek dan Danramil serta petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) sebelumnya sudah mengklarifikasi manajemen toko.

Seharusnya, kata dia, manajemen segera berkoordinasi dengan Satgas bila mendapati penularan di kalangan karyawan. Ia berharap sterilisasi di area toko mampu mematikan virus.

Usai klarifikasi manajemen toko, Satgas langsung menutup gerbang toko, disusul para pembeli yang buru-buru keluar.

Yophie menegur manajemen yang kurang memperhatikan fasilitas cuci tangan pakai sabun. Lokasinya di area parkir dianggap kurang memadai dalam jumlah maupun penataan.

“Harusnya dibikin keran yang banyak di tempat yang mudah dijangkau pembeli sebelum masuk toko. Juga ada petugas di depan toko yang mengukur suhu. Jangan seperti ini seakan pembiaran,” katanya.

Sebelumnya, seorang juru parkir di Mitra Swalayan meninggal dunia bernama Supardi (42).

Jenazah warga Badan Asri RT 01/11 Kelurahan Cangakan, Karanganyar Kota itu dimakamkan pada Rabu (16/6). Almarhum merupakan pasien covid dengan komorbid sakit diabetes. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com