JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Ini Sejarah Hari Persahabatan Dunia dan Deretan Kata Bijak Persahabatan yang Menginspirasi

Ilustrasi persahabatan / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hari Persahabatan Dunia yang jatuh pada 30 juli memang terkesan kurang familier dibanding bari-hari besar lainnya.

Namun, di balik momentum tersebut, terselip pesan-pesan yang bisa menginspirasi individu, kelompok maupun sebuah negara untuk mengaplikasikan arti pesahabatan itu secara universal.

Ungkapan bijak apa saja yang dapat memunculkan inspirasi, berikut rinciannya, seperti dikutip dari YourTanggo via tribunnews:

 

  1. “Friendship is born at that moment when one person says to another: ‘What! You too? I thought I was the only one.”

Persahabatan lahir pada saat itu ketika satu orang berkata kepada yang lain: ‘Apa! Kamu juga? Aku pikir aku adalah satu-satunya.

– CS Lewis

 

  1. “I would rather walk with a friend in the dark, than alone in the light.”

Saya lebih suka berjalan dengan seorang teman dalam kegelapan, daripada sendirian dalam cahaya.

– Helen Keller

 

  1. “Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything.”

Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang kamu pelajari di sekolah. Tapi jika kamu belum belajar arti persahabatan, kamu benar-benar tidak belajar apa-apa.

– Muhammad Ali

 

  1. “Find a group of people who challenge and inspire you; spend a lot of time with them, and it will change your life.”

Temukan sekelompok orang yang menantang dan menginspirasi Anda; luangkan banyak waktu bersama mereka, dan itu akan mengubah hidup Anda.

– Amy Poehler

 

  1. “A friend is one that knows you as you are, understands where you have been, accepts what you have become, and still, gently allows you to grow.”

Seorang teman adalah orang yang mengenal Anda apa adanya, memahami di mana Anda berada, menerima apa yang Anda telah menjadi, dan masih, dengan lembut memungkinkan Anda untuk tumbuh.

– William Shakespeare

 

  1. “Don’t walk behind me; I may not lead. Don’t walk in front of me; I may not follow. Just walk beside me and be my friend.”

Jangan berjalan di belakang saya; saya tidak mungkin memimpin. Jangan berjalan di depan saya; saya mungkin tidak mengikuti. Berjalanlah di samping saya dan jadilah teman saya.

– Albert Camus

 

  1. “Friendship isn’t about who you’ve known the longest, it’s about who walked in to your life, said “I’m here for you,” and PROVED it.”

Persahabatan bukan tentang siapa yang paling lama Anda kenal, ini tentang siapa yang masuk ke dalam hidup Anda, mengatakan” Saya di sini untuk Anda, “dan membuktikannya.

— Unknown

 

  1. “Only a true friend would be that truly honest.”

Hanya teman sejati yang benar-benar jujur.

– Shrek

 

  1. “A friend is someone who gives you total freedom to be yourself — and especially to feel, or not feel. Whatever you happen to be feeling at any moment is fine with them. That’s what real love amounts to – letting a person be what he really is.”

Seorang teman adalah seseorang yang memberi Anda kebebasan penuh untuk menjadi diri sendiri – dan terutama untuk merasakan, atau tidak merasa. Apa pun yang Anda rasakan setiap saat baik-baik saja dengan mereka. Itulah yang benar-benar mencintai – membiarkan seseorang menjadi apa dia sebenarnya. ”

– Jim Morrison

 

Sejarah Kelahiran

Hari persahabatan Dunia (International Friendship Day) diperingati setiap tahunnya untuk seseorang yang menjalin persahabatan  dengan masyarakat, Negara, budaya dan individu lainnya guna menginspirasi antar komunitas.

Dikutip dari un.org, Hari Persahabatan Internasional diproklamasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Walaupun dirayakan pada tanggal 30 Juli 2021, beberapa Negara ada yang merayakan pada minggu pertama Bulan Agustus. Selain itu, ada sebagian orang yang merayakan setiap tanggal 20 Juni.

Walaupun terjadi perbedaan tanggal untuk merayakannya, tujuan diadakannya Hari Persahabatan Nasional masih tetap sama.

Apalagi saat ini media sosia menjadi santapan sehari-hari bagi masyarakat, sehingga seluruh masyarakat Dunia bebas cara mengekspresikan perayaan tersebut.

Dikutip dari situs resmi PBB, awal mula sejarah Hari Persahabatan Nasional dimulai karena adanya gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, budaya dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antar komunitas. Friendship Day pertama kali digagas oleh Joyce Hall di Paraguay tahun 1958.

Pada awalnya peringatan Persahabatan ini bertujuan untuk mempromosikan kartu ucapan. Untuk menambah kemeriahan acara itu, Winnie the Pooh menjadi Ambassador of Friendship Dunia oleh PBB pada tahun 1998.

Zaman dahulu, orang-orang merayakan Hari Persahabatan Nasional hanya dengan saling mengirim kartu antar sahabat satu yang lainnya. Perbedaan yang terjadi saat ini adalah orang-orang merayakan dengan saling bertukar hadiah. Semakin majunya zaman, orang-orang semakin ingin memberikan sesuatu yang terkenang untuk sahabtanya.

Selanjutnya, Hari Persahabatan Sedunia juga dimaknai sebagai gagasan dan inspirasi sebagai upaya untuk perdamaian antar masyarakat.

Gagasan itu melibatkan anak mudahsebagai pemimpin masa depan dalam kegiatan masyarakat. Selain itu, PBB juga mendorong pemerintah, organisasi internasional, dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara yang bertujuan untuk meningkatkan solidaritas sebagai peringatan Hari Persahabatan Dunia, dikutip dari Tribunnews.com.

Persahabatan merupakan hal paling sederhana untuk menyambung silaturahmi antar sesama. Karena dengan menjalin persahabatan akan terjalin suatu hubungan yang saling melindungi satu dengan yang lainnya.

Dapat pula sebagai upaya untuk saling memberi semangat ketika salah satu sahabatnya sedang merasa jatuh atau tidak baik-baik saja.

Di masa PPKM seperti sekarang memang tidak mungkin bertemu secara langsung dengan sahabat demi menghargai aturan yang telah dibuat oleh Pemerintah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan mengirim pesan singkat melalui ponsel masing-masing. Pesan yang dikirim dapat berupa kata bijak dan ucapan selamat Hari Persahabatan Dunia.

Dilansir dari situs resmi wishesmsg.com terdapat beberapa contoh ucapan untuk memperingati Hari Persahabatan Nasional.

Seperti “Selamat hari persahabatan untukmu. Aku senang memilikimu sebagai temanku. Lalu dapat juga menggunakan ucapan seperti “Kamu adalah salah satu anugerah yang saya dapatkan dalam hidup. Saya bersyukur kepada Tuhan atas persahabatan kami. Selamat Hari Persahabatan! Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com