JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kasus Anak Terpapar Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Abdul Wachid Dorong Pemerintah Beri Perhatian Khusus. Kebijakan Ganjar di Jateng Juga Dipertanyakan

Abdul Wachid. Foto/Wardoyo


JEPARA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus anak-anak di daerah yang terpapar virus Covid-19 kian mengkhawatirkan.

Anggota Komisi VIII DPR RI asal Jepara, Abdul Wachid mendorong pemerintah menjadikan kasus anak ini sebagai skala prioritas dalam penanganan Covid-19.

Menurut Abdul Wachid jumlah kasus Covid-19 pada anak-anak cenderung melonjak.

Ia mencontohkan di Jepara yang hingga kini tercatat sekitar 600 anak usia 0 – 18 tahun yang terpapar Covid-19.

Advertisement

Berdasar data Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, dalam sepekan terakhir, Selasa – Selasa (22 – 29/6/2021) malam, tercatat ada 90 anak yang dinyatakan positif Covid-19.

Atau jika dihitung, tiap hari ada tambahan kasus positif sekitar 10 anak.

Baca Juga :  Indonesia Dipercaya Jadi Ketua Bidang Pertanian G20, Syahrul: Sebuah Kebanggaan

Kecenderungan serupa juga terjadi di kabupaten tetangga atau daerah lain. Bahkan data nasional saat ini menunjukkan proporsi kasus konfirmasi positif Covid-19 pada anak usia 0 – 18 tahun mencapai 12,5 persen.

“Artinya 1 dari 8 kasus terkonfirmasi positif adalah anak,” ujarnya saat penyerahan lima unit mobil ambulans dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kepada Kades di Jepara, Kudus dan Demak, Rabu (30/6/2021).

Kegiatan itu digelar bersama BPKH merupakan mitra kerja Komisi VIII DPR. Sementara tiga daerah itu dipilih karena saat ini masih menjadi zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah.

Terkait persoalan ini, Abdul Wachid akan mendorong Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, BNPB serta Kementerian Sosial yang merupakan mitra kerja Komisi VIII untuk memberikan perhatian khusus penanganan Covid-19 pada anak-anak.

Baca Juga :  Tergiur Lihat Kontak Motor, Pemuda Bertato Khilaf Lalu Gondol Motor di Depan Konveksi Adisara. Satu Temannya Masih Diburu

Anggaran yang khusus untuk penanganan anak-anak yang terpapar Covid-19 didorong juga memadai.

“Karena mereka itu masa depan bangsa. Harus ada perhatian khusus mulai dari antisipasi hingga penanganan di lapangan,” kata Abdul Wachid

Abdul Wachid juga menyoroti kasus Covid-19 di Jawa Tengah yang dalam beberapa hari belakangan menunjukkan lonjakan yang signifikan.

Sebab saat ini tercatat ada 25 kabupaten dan kota di Jateng yang masuk zona merah. Padahal beberapa pekan lalu, hanya sekitar 7 daerah yang tergolong zona merah.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua